Perawatan Tali Pusat Newborn


#FenfenwpSharing - Perawatan Tali Pusat Newborn
_
Setelah lahiran, paling enak itu pas di RS soalnya masih dibantuin suster semua kayak mandiin, ganti pampers, dsb. Kalo udah mau pulang, atau hari ke 2 di RS ada kelas2 yg disediain RS buat kita belajar. Beda2 tentunya tiap RS, kalo di RKZ diajarin breastfeeding massage, cara mandiin baby dan cara bersihin tali pusat.
.
Yg mandiin dulu uda pernah share di post bawah2 jaman Zoe, kalo yg tali pusat ini udah pernah juga tapi tanpa video. Nah, kadang ada hal2 yg emang enak liat di video lgsg yah biar lebih paham. Kalo lisan bisa aja beda persepsi org yg baca.
.
So here is it..
Ini video cara bersihinnya langsung dr suster RS ya.
Part 1 - Cara Membersihkan Tali Pusat Newborn



Part 2 - Cara Membersihkan Tali Pusat Newborn

Kalo dr RKZ biasanya uda dibawain alkohol yg praktis tinggal sobek lgsg pake kaya tisue basah gitu. Tp kalo mau manual tuang ke kain kasa gitu jg g mslh.

(ini gmbr alkohol yg aku maksud, dulu pernah share jg bs dicari ya)
.
Pada dasarnya bersihin tali pusat itu ga masalah kerendem air even belum puput. Trs kalo pas dibersihin ga usa takut babynya sakit asal kita ga narik, tp kalo cm digoyang kanan kiri itu ga mslh dia ga bakal sakit.
Kalo baby nangis pas dibersihin, itu cuma krn kaget aja kena alkohol kalo nempel kulit kan dingin, gitu😀
.
Yakin gpp dibuat mandi? Yes. After itu dikasih alkohol supaya cepet kering jd totally fine.
Sehari minimal 2x, jd kalo mau bersihin lebih dr 2x jg ga masalah.
.
Biasanya tali pusat bakal puput antara 5-14hr, tp rata2 7hr uda lepas sih. Zoe dulu 7hari pas, meme 8hr baru lepas tp masih ada sisa2 darah kering aku bersihin sampe 10hran😀
.
So, buat new moms, semoga infonya berguna ya❤

Comments