Waspada Janin Stress


#FenfenwpPregnancy - Waspada Janin Stress


This time mau share sesuatu yg menurutku penting tapi banyak yang ga tau. Info ini dibaca dengan bijak ya, sama sekali bukan buat nakut2in tapi justru pengen kasih tau supaya bisa mengenali baby didalam yg kita gatau dia lagi apa.

Biasanya buat anak pertama, kita bisa kerasa tendangan baby di antara 20-25weeks kurang lebih atau sekitar 5 bulan. Sedangkan anak kedua di 16-20weeks sekitar 4 bulan, lebih cepat dibanding anak pertama.

Aktivitas baby dari dalam kandungan itu uda beda ama kita orang dewasa di dunia nyata. Jadi kalo siang dia malah tidur (jam2 lunch gitu lah kurang lebih), sedangkan kalau malem kita mau tidur, dianya malah aktif😂

Memasuki bulan ke 7 atau trimester 3, SANGAT penting buat tau aktivitas baby didalam perut tp 5-6 bulan pun ttp harus dipantau. Kita uda tau kan kurang lebih jam2 dia gerak aktif atau pas dia tidur. Nah, memasuki usia 7 bulan ini, kita sebagai mama hrs itung nih gerakan baby didalam perut, beserta kurang lebih jam nya. Minimal per hari Gerakannya dihitung sampai 10x (tendang atau gerakan apapun), dan dalam setiap 2 jam ada gerakan. Kecuali saat jam siang itu kemungkinan si baby sedang tidur.

Nah, kalo sampe lebih dari 2 jam ga ada gerakan apapun, atau kadang saya cek pake cara elus dan panggil2 baby nya, biasanya ga lama merespon brarti aman. Kalo ga gitu pindah posisi tidur juga bs bikin baby gerak, minuman dingin atau makanan manis. Tp kalo 2 jam lebih gda gerakan sama sekali, perlu was2 yah (ga harus 2 jam teng kok bu ibu, kira2 aja hehe)

Kenapa kok perlu was2? Kalo kontrol ke dokter tiap bulan, kita bisa tau detak jantung dll dr USG, sedangkan hr2 biasa kita cm bisa memantau dr gerakan baby nya aja, jadi kalo ga gerak sama sekali 5-6jam lebih atau setengah hari (biasa sih 2jam an uda kerasa soalnya) bisa jadi salah satu tanda janin stress, atau bisa terjadi hal2 lain seperti kelilit tali pusar, atau kejadian2 lain yg diluar dugaan. Jadi kalo uda mengalami ini, lgsg cek ke dokter yah. Bisa chat dokternya atau bisa langsung kontrol kandungan. BIG NO nunggu sampe besok apalagi sampe berhari2, udh telat banget.

This info saya share juga karena selama hamil saya ikut senam, dan 2x pun sama suster yg ajarin senam selalu ditekenin utk selalu pantau gerakan baby. Terlebih disekitar saya pun, banyak (3-4 kasus temen saya sendiri) mengalami hal tersebut. Sedih nya kebanyakan mengalami di usia 36 weeks keatas 😭😭😭 thats why saya bilang info ini super penting supaya kita aware gerakan baby didalam.

Once again, gak harus persis 2 jam yah, tp bisa dikira2 kok jam2 gerak biasanya jam brp. Terlebih saat tidur santai hadap samping biasanya bisa lebih kerasa gerakan baby, beda kalo saat kita banyak aktivitas, kadang sbg mama bisa krg peka gerakannya krn lagi aktivitas itu.

Lagi2 yah tidak bermaksud menakut2i tp penting juga untuk tau memantau gerakan baby dlm perut. Jd saya share bener2 utk kita lebih aware baby nya gerak apa gak yah!

Penyebabnya apa saya krg paham juga krn utk banyak kasus juga ga diketahui penyebabnya.
Jd bu ibu mulai hitung ya tiap hari baby gerak atau engga😊

Semoga sehat dan lancar semua sampe lahiran ya mommies ❤

Comments