Perhitungan Usia Kehamilan


#FenfenwpPregnancy - Perhitungan Usia Kehamilan


Salah satu kebingungan banyak orang ketika tanya orang hamil atau pertama hamil yaitu cara menghitung usia kehamilan!😂 Ga dikit tuh yang bingung loh "udah 9 bulan kok belum lahir".

Info penting ga penting sih, tapi buat tau aja lah ya. Yang belum nikah pun bisa baca buat tambah pengetahuan aja😂 yang hamil pertama pun lebih tau kapan boleh lahir amannya..
Jadi dari pengalaman pribadi nih, kita biasa tau hamil atau ga kan pakai testpack, tapi testpack itu baru bisa membaca setelah usia kandungan 4 minggu (atau ibarat telat dari tanggal menstruasi mu bulan lalu. Misal bulan ini tgl 27 bulan depan biasanya tgl 27 yah, baru bs kebaca 28/29 gitu).

Why bilang gini? Krn pas Zoe dulu rabu aku cek negatif, jumat nya aku cek positif!😂
Nah, langkah selanjutnya kan baru ke dokter, pas didokter dilihat usia kandungan sudah langsung 4 weeks dear! Padahal, masa subur itu terjadi biasanya hari ke 13-14 dari tiap siklus menstruasi tiap orang (tiap orang beda, berkisar kalo ga salah 28hr - 35hr, bisa mulai dihitung tuh kalian masuk yg berapa).

Jadi seharusnya usia kandungn baru 2 minggu, tapi karena ga ada yang tau kapan waktu sebenarnya pembuahan itu terjadi, thats why patokannya adalah tanggal terakhir kamu mens, which is itu mundur sebulan. Kalo km merit trs langsung jadi, pasti dikira org hamil diluar nikah gegara mundur sebulan itu😂 so, kalo mundur sebulan masih normal ya krn emg hitungan dokter begitu! Ga boleh negting ama orang hahaha

Biasanya pas cek usia 4 weeks itu cuma keliatan kantong aja, nanti balik lagi pas 8 weeks utk liat ada detak jantung atau engga. So, buat yg bingung kok dokter ku gini gitu, itu normal yah❤

Next! Karena ga ada yang tau tanggal terjadi pembuahan itu kapan, thats why patokan Due Date (atau hari lahir perkiraan maksimal) ditetapkan usia 40 weeks. Ini juga bikin beda lagi, secara 1 bulan ada 4 weeks ada 5 weeks kan, jadi usia dikatakan SIAP LAHIR itu adalah 37 weeks bulat (jadi 36 weeks 6 hari itu lho).

Kalo dibilang 37 weeks kan 9 bulan genap, tp kalo dr hitungan mundur yang awal sebenernya jadi 8,5bulan kan (krn pembuahan terjadi biasanya 2mgg setelahnya), thats why dulu Zoe saya lahiran 39 weeks 5 hari.

Kalo menurut hitungan dokter dijadikan bulan, berarti Zoe lahir 9 bulan 2 minggu 5 hari atau almost 9 bulan lebih 3 minggu. Tapi kalo dikira2 dari tgl pembuahan yg biasanya terjadi 2 minggu setelahnya, jadinya normal 9 bulan lebih 5 hari aja.

Selisih dari 37 weeks ke 40 weeks itu hari kapanpun siap lahir tergantung kesiapan Baby didalem. Biasanya cuma boleh mundur sampe maks 41 weeks (tetap lihat kondisi baby didalam, kondisi air ketuban dan apa kata dokter), kalo sampe 40 weeks belum terjadi apa2 biasanya dokter akan menyarankan induksi terlebih dahulu untuk merangsang baby keluar, kalau tidak ada tanda kontraksi sampai 41 weeks baru dilakukan tindakan lain.

Yang Meme ini kita liat yah 😆 Hari ini pas 36 weeks, jadi after rabu minggu depan baru boleh lahir.. Semoga persis sama perkiraan kita di hitungan +/- 38weeks #dagdigdug dan yg terpenting lancar, normal dan sehat ❤

Setelah baca lebih paham atau tambah bingung yak?😂 semoga kalo dibaca perlahan2 lebih paham deh hehehe

Comments