#FenfenwpRelationship - Commitment


#FenfenwpRelationship - Commitment
_
After unity, let's talk about komitmen.
Komitmen ini kalo dijabarin luas banget ya, tapi semoga jawab pertanyaan yg dulu pernah isi question box di story.

Komitmen itu sebenernya hampir disemua aspek kehidupan kita ada ya, mulai dari komit kerja misal pas tt kontrak, kerjasama, kuliah misal komit dr masuk sampe lulus.
Nah, tp kalo hal2 diatas ya ada JANGKA WAKTU nya, KECUALI PERNIKAHAN.

Marriage life..
Aku pernah denger analogi yg menurutku buagus untuk gambarin pernikahan. Pernikahan itu kaya kamu itu naik roller coaster. Ketika kamu uda decide, pengaman uda dipasang dan meluncur KM GA AKAN BISA STOP DITENGAH JALAN sampe bener2 wahana itu selesai.

Jadi even tengah2 naik roller coaster kamu MUAL, MULES, TAKUT, GEMETER YA HARUS DIJALANI sampe bener2 selesai. Sama kaya nikah, kalo uda decide ya biar ada masalah apapun didalamnya kudu dijalani sampe MAUT MEMISAHKAN.

KOMITMEN hanya utk org2 yg BERANI BERKORBAN.

YES, karena pernikahan itu bener2 banyak hal yg bakal dihadapi. Contoh simpel yg harus kalian korbankan adalah EGO pribadi. Kalo kalian ngekeh sama ego sendiri ya bs jadi cekcok, tengkar, dll. That's why banyak yg cerai itu simply krn gabisa mengorbankan EGOnya.

Kalo ngomong berkorban itu buanyak sih dari tenaga, waktu, biaya, kepentingan diri, apalagi kalo uda ada anak yah, sometimes emang harus mengorbankan diri kita sendiri dan itu GA GAMPANG. Kalo ga bener2 paham ujung2nya merasa tersiksa bukan memahami kenapa kok berkorban.

NAH, balik komitmen, BEFORE MERIT INI YG PENTING! Kalian bisa liat dulu tuh orang gimana pas pacaran.
Liat aja dari hal2 simpel soal janjian, tukang molor ga? Kalo tiap janji atau komit sesuatu trs tiba2 ditengah jalan banyak ALASAN, gmn km bisa yakin saat nikah, JANJI di ALTAR juga bisa dipegang? Itu baru soal waktu loh, belum komit setia dsb?

Kalian jg pasti sering denger kan, kalo org bisa dipercaya perkara2 kecil maka dia akan dipercayakan perkara yg besar.

Komitmen itu cuma untuk orang yg SDH DEWASA. Dewasa TIDAK ditentukan umur ya!
Tingkat komitmen sesorang menunjukkan tingkat kedewasaan seseorang.
Jd klo dia ga bljr/gabisa pegang komitmen = Buman org dewasa.
Org dewasa = org yg bs pegang komitmen.

Kurang lebih kaya gitu.

Nah, apa yg terjadi kalo masih anak2 terus nikah?
Pernikahan itu kita sedang melekatkan diri pada org yg kita nikahi. Kalo pemikiran anak2 terus nikah yang ada merugikan org lain. Dan ngerugiinnya SEUMUR IDUP LOH. Makanya banyak org yg bilang BUKA MATA LEBAR2 kalo pas pacaran, jangan terlena cm hanya hadiah, bunga, diajak makan tempat enak doang.

Komitmen = mengundang kepercayaan. Jadi sifatnya itu PROGRESIVE. Awal kamu kenal sampe pacaran, terus pacaran sebulan sampe setahun, rasa PERCAYA itu akan meningkat seiring berjalannya waktu.
Kalo km makin lama kenal MAKIN GA PERCAYA? Ya udah tau lah ya jawabannya.. Ngapain buang waktu dan diterusin😂 kamu lebih berharga daripada itu.

So far itu yg aku dengerin dan menurutku BENAR DAN BAGUS.

Oya, DEWASA itu juga sesuatu yg PROGRESSIVE. Saat aku dulu pertama jalan sama kowil ya JAUH lebih kanak2 dibanding aku yg skrg dong. Tapi yg terpenting kita udah secara SADAR kalo kita harus makin dewasa. Dengan kaya gitu, even ada masalah pun, kita bs belajar dari masalah itu, jadi kalo pas ada lagi, sikap kita pun juga jauh lebih dewasa dibanding sebelumnya.

Nah nyambung sama hal2 yg gini ya,
Kapan hr ada yg tny nih, kalo pacaran sapa yg bayarin?

Itu juga tergantung PERJANJIAN kalian gmn. Didalam perjanjian itu jg harus diimbangi sama saling memahami. Contoh ya, dulu aku pas ama kowil, ya dia yg selalu bayarin, krn pas itu sikonnya aku belum kerja dan kondisi keluargaku emg lg kekurangan, jd ga mungkin banget utk aku yg bayar. Uang yg aku dpt aja cm buat transport sehari2 dan makan doang. Nah, kalo dua2 mampu ya kalian bisa atur sendiri, gantian kah, atau emg mau cowoknya yg bayarin terus sbg latian sblm berkeluarga misal? Boleh jg. Jadi bs diatur sesuai kenyamanan kalian berdua gimana yg penting hrs dibicarain.

Buat yg BELUM pny pacar atau ga dpt2, gausah bingung CARI, TAPI bingunglah MEMBENAHI diri utk menyiapkan masa depanmu juga dalam bina sebuah keluarga nantinya. Belum pny bukan berarti kalian ga dewasa juga. Tapi alangkah baiknya kalo memperbaiki diri nanti kalo udah waktunya juga bakal dapet. KALAU SUDAH WAKTUNYA it means butuh proses menunggu. Jadi bersabarlah.

Salah satu hal paling gampang membenahi diri menurutku ya, Train your mind to always be positive. Gampang tapi GA GAMPANG UTK DILAKUKAN.

Satu itu dulu deh, secara ga sadar nanti hal2 lain jg ikut berubah jadi positif.

Dont forget to be mature day by day!

Comments