Biaya Hami dan Persalinan


#FenfenwpPregnancy - Biaya Kehamilan dan Persalinan
_
Well, ada beberapa orang yg tanya juga baik yg lagi hamil maupun masih mau nikah, katanya supaya ada bayangan kan.. So, aku share ini supaya ada gambaran aja yah❤ kalo ada yg kelewat dikit2 bs cari tau sendiri yaa...

Aku list dari mulai biaya pas hamil sampe melahirkan soalnya kalo dipikir kontrol kandungan juga lumayan sama vitaminnya tiap bulan😆

Buat Kontrol kandungan, bulan 1-8 saya masih sebulan sekali, terus 3 mgg sekali soalnya gda masalah, kalo dokter lain ato pada umumnya 8 bulan keatas uda 2 mgg sekali jd ini biaya kurang lebih aja yah, kalo uda 36 weeks biasanya jd seminggu sekali.

💸Kontrol Dokter + USG = 250rbx12 = 3jt
(beda dokter beda tarif yak, jd kalo kalian di dokter lain saya krg tau😆 ada yg 175-500/kontrol jadi sesuaikan dengan ketenangan hati kalian masing2 hahaha)

💸Vitamin selama hamil 300-350rb x 10 = 3.000.000-3.500.000
(inget saya awal2 doang sama pas ada DHA yg mahal, sisanya kurleb 200an kok buat sebulan, jd ini itungan rata per bulannya aja yah)
Ini blm termasuk vitamin kalau kalian tipe yg pake blackmores, atau vit lain diluar vit dokter. Tp inget kalo mau konsumsi vit tambahan ttp konsultasi dulu ya.

💸Senam Hamil
Butuh 200rb (utk 5x pertemuan), saya kmrn ikut pas uda 34/35 weeks gitu, ikutnya seminggu sekali. Details senam hamil udah pernah share ya kaya apa, dimana, daftar kemana bisa cek hastag #fenfenwpregnancy juga.

💸Biaya kelahiran normal
- RKZ - kelas 1 (sama kaya dulu kelas 2A)
Ber AC 3 org/per kamar (ini kelas AC yg paling rendah di rkz lah intinya)
Dapet kamar mandi dalem (kalo dulu yg 2A ber-AC tp kamar mandi luar)
Itu biaya 3hari + sinar baby buat kuning (fisioterapi kalo ga salah namanya) + tes lab baby (rhesus, dsb) + tes apa gitu lupa, sama tindik baby.

Aku share juga foto kamar (per 2019 yak😂). Buat kalian yg kurang puas sama foto ini, tiap rumah sakit itu MENGIJINKAN buat liat kamar dulu kok. Kalian mau liat kamar dari kelas yg paling bawah sampe VIP bisa ditunjukin sebenernya. Kalo saya sih yg penting ada AC, susternya pinter uda cukup😜

Total sampe keluar RS semua perkiraan sekitar 15jt (harga terbaru per 1 mei 2019)
(Buat RKZ kmrn malah saya ga sempet foto tp pricelistnya ada trus ada foto dan pricelist kamar RS lombok 22, kemarin dikirimin temen yg lahiran disana. Kalo dilombok 22 semua kamar udah ada AC)


Gambar 1. Pricelist Biaya Bersalin RKZ - Mei 2019



Gambar 2 dan 3. Surat Daftar saat Bersalin


Gambar 4. Pilihan Kamar dan Biaya Kamar RKZ 2019


Gambar 5. Biaya Bersalin RS Lombok 22 tahun 2019

Kurang lebih setiap tahun biaya kelahiran itu naik 1-2jt. Dulu jaman Zoe lahiran normal juga habisnya 9,5jt, jarak 2 thn jadi 14-15jt🙈 tapi kemarin akhirnya aku lahiran meme ini habisnya 13jt sih (2hr 1 malam plus sinar dan tes lab bilirubin udahan)

Jadi kurang lebih dari hamil sampe melahirkan itu butuh kurang lebih 20-22jt. (lahiran normal).
❤catatan: ini belum termasuk kontrol habis melahirkan + imunisasi anak yah🙈 nanti coba pelan2 aku rekap juga buat perkiraan biayanya.. Sekalian diriku jg penasaran habis berapa imunisasi anak ini hehehe

Ohya, soal persalinan ini, biasanya 36 weeks itu kita udah dapet surat rujukan dari dokter untuk daftar di RS yg kita mau, jadi kalo 36 weeks belum dapet kalian bisa ingetin dokternya yah, dan itu kita ke RS buat daftar nama dulu (bukan cup kamar sih kalo di RKZ tp untuk dimasukkin data yg akan melahirkan gitu), nah pas daftar ke Rkz dapet surat ijo (swipe ya), kita disuru isi dirumah dan surat itu HARUS dibawa pas kita persalinan sama KTP.

Jadi kalo sewaktu2 kontraksi, ga cuma barang2 yg lalu aku share buat dibawa, ini PALING PENTING buat dibawa ya!! Selalu taruh dompet deh jd kemana2 bawa itu😀

So, semoga berguna untuk menyiapkan biaya atau menimbang2 ya mau lajiran secara apa dan dimana❤

Comments