Tanda-tanda Persalinan

#FenfenwpPregnancy - Tanda-tanda Persalinan



Topik satu ini gak kalah penting dari hal2 yg aku share sebelumnya nih, apalagi buat hamil yg pertama, kayak aku dulu bener2 buta even uda dibilangi pun ga paham dong kaya apa bentuknya, kaya apa rasanya, dsb, so lebih baik tau ini dulu lah ya daripada ga tau sama sekali😆
Setelah usia cukup bulan (usia 37 weeks), biasanya ibu hamil disuruh aware dengan tanda2 persalinan. Kalo dibawah 37 weeks tapi udah mengalami tanda2 dibawah ini bahaya ya kudu lgsg ke RS krn usia baby masih dianggap prematur, kalo uda diatas 37 weeks maks sampe 40 weeks itu aman. Jadi even operasi pun biasa dilakukan di usia 37 atau 38 weeks.

Tanda2 persalinan itu antara 3 ini, dimana bisa terjadi bersamaan, ada yg satu per satu diikuti tanda lainnya, yaitu:

1. Keluar Bercak Darah
Bercak darah ini seperti keputihan tapi warnanya bening bercampur darah merah sedikit. Supaya lebih bisa bayangin tuh, teksturnya kaya *maaf🙈* ingus gitu tp wrnnya merah dan dalam jumlah sedikit. (bukan kaya mens hari pertama ya, kalo jumlah darahnya banyak HARUS segera ke RS even blm kerasa tanda yg lain).

2. Ketuban Pecah/Merembes
Kalo ketuban ini bisa 2 macem, bisa merembes (jadi keluar terus menerus dalam jumlah sedikit tapi tidak bisa ditahan, beda kaya buang air kecil ya), bisa juga pecah (jadi langsung byor kaya balon isi air meletus gitu dalam jumlah banyak. Sama gabisa ditahan ya).
Untuk rupa nya ada yg bening ada yg keruh, tpi biasanya berbau anyir gitu.

Kalo uda mengalami ini, HARUS SAAT itu juga ke RS, dan kalo bisa dalam kondisi berbaring. Karena ibarat kayak ikan ditaruh diluar air, sama kaya baby kita kalo masih didalem itu kaya pelindung dan makanannya dia. Jd harus diperhatiin klo sampe rembes ato pecah buru2 ke RS even tengajh malem langsung cus, RS 24 jam kok😆

Biasanya abis ketuban pecah ada yg baru kontraksi. Ada juga yg ketubannya sampe bukaan 10 ga pecah juga ada dan ga masalah.

3. Kontraksi Rutin
Nah, kalo ini yg fix pasti jadi tanda2 even 2 tanda diatas ga muncul, yaitu kontraksi!

Kontraksi ini kaya apa sih?
Ada yg bilang kaya dilep (nah aku ga bs bilang dilep krn ga pernah ngerasain😅), jadi rasanya tuh perut bawah kanan kiri itu krasa keram gitu. Diikuti perut nya kenceng, kenceng itu (kalo yg hamil pasti tau kok) kadang perut kita kan kalo dipegang biasa aja empuk gitu, tp kadang bisa keras buanget kaya papan kayu, nah itu namanya kenceng. Kalo dulu pas hamil Zoe pinggang sama paha itu juga keram gitu (kaya org ga pernah olahraga trs olahraga itu lho, keramnya kaya gitu).

Nah, kontraksi itu ada 2 macem, asli dan palsu, sebelum kontraksi asli biasanya didahului kontraksi palsu. Kontraksi palsu sama asli itu bedanya cuma di interval waktu aja.

Kalo kontraksi asli itu dari ga teratur jadi semakin teratur sampai 5 menit sekali muncul.
Jadi misal jam 10 kerasa kenceng, terus kerasa lagi jam 2, trs jam 3 (nah berarti kan intervalnya ga sama, 3 jam trs 1 jam, brti itu masih bukan, masih kontraksi palsu). Kalo kontraksi asli itu misal jam 10 kerasa, jam 10 lebih 10 kerasa, trs jam 10.20 kerasa lagi, terus lama2 jadi 5 menit sekali teratur selama minimal 2 jam, nah itu baru yg namanya kontraksi asli!

Kalo udah kontraksi, aku pernah dapet saran dari suster untuk hadap kiri (jadi kalo tubuh kita hadap kiri itu, peredaran darah nya jauh lebih lancar dibanding hadap kanan, kerasanya LEBIH sakit memang, TAPIIII bisa diatasi dengan cara tarik nafas lewat hidung, keluarin pelan2 lewat mulut kaya org marah disuru sabar itu lho😆) tapi beneran cara ini SANGAT MEMBANTU buat lebih cepet proses nya (tentu sama senam, dll sblm hamil ya) tapi juga membantu MEREDAKAN rasa sakitnya.

Persis lah kaya kita kalo marah kalo tarik nafas buang gitu kan lama2 jadi tenang, ini bener2 sama kayak gitu kok. Jadi BIG NO kalo kalian teriak, gigit2, ngeluh sakit2 malah semakin sakit krn kan semakin panik. Ibarat org marah makin marah gitu yah makin ga kekontrol.

Terus kalo kalian uda ngerasain tanda pertama, tapi ketuban belum pecah, better BUAT JALAN TERUS! yes aku dulu udah keluar bercak darah, trs dibilangi mamaku untuk tetep jalan, aku buat jalan di Mall biar g terlalu inget sakitnya😂 sekalian persiapan sebelum dikurung, nah itu gunanya membantu melemaskan otot rahim supaya kontraksinya bisa cepet penuh😀

Selain itu, kalo kalian udah gak kuat misalnya (krn kan ketahanan sakit tiap org beda), kalian coba mandi pake air anget!! Gila sih gitu enakkk banget jadi lebih relax, tenang, dan sakitnya pun berkurang😍

Ohya, kaya yg pernah kusampein, kontraksi itu beneran ga semenakutkan itu. Jadi kaya kalian kebelet PUP aja, tapi disuruh nahan dalan waktu yg sangat lamaa (paling cepet 4 jam, tapi kalo anak pertama juga banyak yg sampe 20jam gitu), jadi udah lelahhh dan sakitnya kan 5 menit sekali, pas muncul harus nahan selama 1 menit. Lama2 lemes juga kan, gitu😀

Ceritaku dulu uda pernah share juga ya, bs klik hastag diatas fenfenwppregnancy😀 jd jarak dr bercak darah sampe lahiran tuh bisa sehari gitu klo anak pertama..

Nah, kata orang sih kalo hamil kedua beda! Kalo udah kontraksi 10 menit sekali harus segera ke RS soalnya biasanya proses lebih cepat. Banyak yang bilang kalau kelahiran anak pertama dan kedua ga terlalu jauh (1-3tahun), biasanya proses kelahiran cuma membutuhkan waktu 4 jam dari bukaan pertama hingga bukaan lengkap😆 we'll see yaa nanti yang meme ini gimana.. Semoga beneran lebih cepat secara udah ga sabar ketemu anaknya meski uda anak kedua hehehe

Kurang lebih itu tanda2 persalinan yg harus kalian tau❤ semoga membantu ya mommies buat yg nunggu kapan si baby keluar😘

Comments