Senam Hamil


#FenfenwpPregnancy - Senam Hamil


Buat yang hamil, kaya nya udah ga asing denger ya sama yang namanya senam hamil. Senam hamil itu totally fine ya bu ibu, karena pada dasarnya ibu hamil itu IBU SEHAT bukan sakit, jadi bukan dibiarkan malas gerak secara sengaja KECUALI kondisi2 khusus (seperti bedrest).

Kondisi khusus bedrest yg dimaksud itu contoh kaya saya dulu ya, pas hamil Zoe saya bedrest dari 5 sampe 34 weeks, jadi after 34 weeks itu baru boleh ikut senam hamil sama Dokter Kandungan saya. Jadi kebanyakan emg senam hamil yg kaya saya ikutin ini diperbolehkan buat hamil tua even pernah bedrest saat awal kehamilan.
Yang sekarang, sampe 32 weeks kemarin harus nya uda boleh ikut senam hamil, tapi karena baby sungsang jadi tidak diperbolehkan sama Dokterku. Untung waktu 34 weeks posisi baby udah normal, jadi uda boleh ikut senam hamil.
Jadi intinya sebelum senam lebih baik tanya dokter masing2 ya, krn setiap dokter kebijakan dan pertimbangannya berbeda.

Yang saya bisa sharingkan, kelas senam hamil yg aerobik ya, krn kelas senam hamil itu ada 2 macem, yg saya pernah ikut cuma yg aerobik 😀
Senam hamil dibagi 2 macam:

1. Kelas yoga (Sabtu) pk 9.00 buat usia awal kehamilan (4-6 bulan atau <27 minggu)
Biasanya kelas yoga ini buat melenturkan badan, melatih pernafasan, buat bantu ibu hamil yang pengen olahraga aman nya ikut kelas ini. Kelas yang ini boleh juga diikuti sampe hamil tua ya ga masalah.

2. Kelas aerobik (Rabu, Jumat, Minggu) pk 9.00 buat usia kehamilan (7 bulan keatas atau >27 minggu)

Nah, kalo kelas aerobik ini bener2 senam yg menggerakkan seluruh badan. Memang tujuannya menyiapkan stamina Bumil untuk menghadapi persalinan, melenturkan otot dekat rahim jadi nanti harapannya bisa mempercepat proses persalinan yah, jadi dengan senam ini, proses kontraksi bisa lebih cepat, apalagi untuk anak pertama, plus diajari cara mengejan yg benar/cara melahirkan yg benar. Ga cuma itu, gerakan2 nya itu dijelasin buat mencegah kaki bengkak, buat yg pinggangnya suka sakit, buat turunin anak ke panggul, dan banyak lagiii...
Jadi, kelas ini memang untuk memperlengkapi bumil untuk bisa melahirkan secara normal. Saya share ini karena pengen banget bantu para ibu baru atau yang pengen lahiran normal bisa menyiapkan lebih baik juga😀 terlebij buat stamina dan pengetahuan sih supaya ga takut duluan sblm menghadapi persalinan😆 krn beneran tdk semenakutkan yg dibayangin!

Overall saya ikut, saya pribadi sangat merasakan manfaat positifnya yah. Krn beneran dijelasin info2 yg saya gatau sebelumnya (cara mengatasi kaki bengkak, gerakan baby, cara mengejan yg bener, pengetahuan2 yg menurut saya ga banyak lho ibu baru tau padahal penting!) dan itu diajarin sampe bener!!! Jadi setiap sesi pasti diajarin, dan kita juga bisa tanya macem2 yg kita ga ngerti langsung dari SUSTER ya bukan org awam, jadi infonya bener2 terpercaya!)

Nah, thats why saya berani share juga soal kaki bengkak, dsb krn dapet info lgsg dr suster (sumber terpercaya❤)

Untuk senam hamil, saya juga ikut nya di RKZ ya di Surabaya. (kayanya yg di sby pasti tau lah ya RKZ)

💰Biaya 50rb/pertemuan, jika ambil paket biayanya 200rb (5x pertemuan).

Pengalaman sih kalo anak pertama biasa lahir 38/39 weeks kan, jadi kalo ikut pas 34 weeks itu masih cukup banget. Atau even hamil tua tp pengen ikut juga ga mslh bisa ikut yg 1x pertemuan itu, kemarin barengan saya ada yg first time ikut usia kandungan 38 weeks. Jadi fungsinya ga cuma stamina, tp juga ilmu yg cukup penting dapet juga.
.
Buat kalian yang pengen ikut, bisa langsung daftar ke:
WA - Pondok Sehat RKZ ☎️ +62 819-7989-900
Cukup kasih nama sama fotokopi KTP buat pendataan RS, bisa lgsg dateng juga hari H kok setau saya, tinggal pake baju senam yg nyaman, bawa baju ganti kalo perlu. Minum sama snack disediakan 😘

Pondok sehat RKZ ini merupakan layanan cukup baru di RKZ utk memudahkan kita dapat layanan2 seperti vaksinasi, imunisasi, medical check up, senam hamil, kelas ibu, klinik laktasi, pijat bayi sampe spa bayi ada semua😍 ini sekilas buat yg mau tau info harga, jadwal, dsb ya.. Kemarin saya sempet foto..



So, buat yg pengen lahiran normal atau galau masihan lahiran normal gimana bisa coba ikut aja siapa tau jadi lebih yakin pilih yg mana❤

Comments