Mencegah dan Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

#FenfenwpPregnancy - Mencegah dan Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil


Waktu hamil Zoe dulu, bersyukur banget dari awal hamil sampai masuk 9 bulan, kaki saya jauh dari yang namanya bengkak. Tapi mulai 36 weeks keatas muncul tuh bengkak meski baru sedikit. Nah, saya mau share nih penyebab dan cara mengatasinya supaya bengkak berkurang bahkan hilang karena saya berhasil menghilangkan bengkak di kaki.

Penyebab:
Jadi penyebab bengkak di kaki itu karena ada peredaran darah yang ga lancar.
Penyebab peredraran darah ga lancar bisa banyak yah, mulai dari terlalu banyak berdiri, terlalu banyak jalan, beban tubuh yang ditopang semakin berat dan kekurangan vit B (ini yang saya tahu yah). Cara mengatasinya:
Beruntung banget di senam hamil yang saya ikuti, diajari cara ini dan dalam seminggu bengkak saya hilang. (jangan disama ratakan ya, karena bengkaknya beda2 jd mgkn efek nya juga berbeda)
1. Jika posisi berbaring, usahakan posisi kaki lebih tinggi dari badan. Bisa diganjel guling atau apapun, dibuat yang nyaman ya mom.
2. Gerakkan telapak kaki kedepan selama krg lebih 2x8 (spt hitungan senam) lalu kebelakang sampai krg lebih 3x.
3. Putar pergelangan kaki kanan dan kiri 1x8 bergantian searah jarum jam, kemudian berlawanan jarum jam.
4. Gerakkan jari kaki saja bersamaan beberapa kali.
5. Lakukan cara2 diatas rutin tiap hari 5-10 menit dan kurangi aktivitas jalan dan berdiri 😊
6. Konsumsi segelas air rebusan kacang ijo yang baru pertama meletek tiap hari, selain bantu pemenuhan vit B juga bagus buat kandungan dan persiapan ASI

Tapi setelah melahirkan pun, tetap harus dijaga ya mom, krn selama masa nifas 42hr masih berpotensi kaki bengkak.

Nah, sekarang yg aku mau share lebih ke cara PENCEGAHAN kaki bengkak yah. Meskipun uda hamil 2x, tapi aku baru tau malah dihamil kedua ini😆

Dulu waktu aku pendarahan hamil Zoe, tiap pagi di RS aku dikasih telur rebus, habis dari RS aku ga makan lagi dirumah, krn aku kira telur itu buat bantu penyembuhanku aja😂

Ternyataaaaa memasuki usia kandungan 5 bulan, dokterku kemarin ngingetin "mulai sekarang tiap pagi makan telur ayam kampung rebus ya dan 1 buah roti (aku pilih roti gandum), biar kaki nya ga bengkak", dari sana baru kusadari dulu dikasih itu gunanya buat itu!😂

Akhirnya aku turutin tuh, tiap hari aku makan teluryam kampung rebus 1 butir beserta kuningnya plus roti gandum (aku kasih coklat keju😆), dan hasilnya emang bener! Sampe 9 bulan ini kaki ku GA BENGKAK!

Kalo menurut dokter, telur rebus itu mengandung albumin atau apa gitu yg bantu supaya badan dan kakinya ga bengkak.

Kalo dibilang dulu kurang jalan atau kurang gerak aku juga kurang ngerti yah karna 3bulan aku bedrest (5-8,5bulan), stetelah itu baru aktivitas kaya biasa. Nah, sedangkan yg ini aku aktivitas terus dari awal hamil sampe akhir ini. Yang pasti juga ada jalan yang cukup gitu supaya stamina nya juga terbentuk.

Disamping pencegahan ini, sebenernya ada penyebab lain kaki bengkak yah! (kalo yg dulu aku share krn peredaran darah krg lancar) tapi yg lebih serius adalah SALAH SATU TANDA PRE-ECLAMPSIA.

Tentang pre eklampsia, aku comot dari @ibupedia_id ya (saya cantumin aja foto mereka yah, krn mereka infonya udah terpercaya😊)




Pencegahan lain bisa juga dengan cara sebagai berikut:
- minum air banyak
- membatasi konsumsi garam/makanan asin
- kalo bisa tidak duduk/berdiri terlalu lama, jd diselang seling gitu
- rutin olahraga (jalan kaki, gerak, yoga, senam hamil, renang)
- pakai sepatu nyaman

Disclaimer: hati2 buat bumil yg keluarganya atau diri sendiri pny riwayat alergi ya, apalagi alergi telur. Ttp dicoba dulu makan dikit yah, krn even kalian ortu nya gda alergi pun, bs jadi anaknya pny alergi. Waspada sendiri❤ kalo misal alergi, yah jangan diikutin saran saya makan telur, bs ganti kacang2an atau makanan bergizi lain😀 (paling pas tny dokter kandungan lagi kalo kasus gini)

Cara2 diatas, saya diajari oleh bidan/suster di RS ya, jadi lebih terpercaya sumbernya 😁
Semoga bermanfaat 🙏🙏🙏
#fenfenwpsharing #fenfenwpPregnancy

Comments