My First Pregnancy Story

#fenfenwppregnancy - My First Pregnancy ❤


Setelah kemarin post soal hamil, ada yg tny nih tentang hamil pertama dan kedua gimana, mualnya gimana, dll, ternyata crita ku dulu pendarahan emg blm ada yah😆 so sekalian aku share aja yah..

Kalo ngomong soal hamil itu lucu dan kompleks, ga bisa disamain setiap orang even case nya sama ato tanda2 nya sama blm tentu hasil dsb nya sama. Jadi, murni cerita ini cm buat nambah tau2 aja lah ya misal ada yg sama ya bisa trial n error sendiri.

Yg paling lucu dari hamil adalah ketika km cek dokter dan tau kalo hamil, tiba2 MUAL2 ITU DATANG 😂 kalo ga tau ya fine2 aja pdhl hahaha..
Hamil Zoe dulu aku mual2 cukup parah mungkin krn dikit bgt pengetahuan soal hamil juga, kaya makan nya harus dikit2 tapi sering, ga boleh telat makan, selalu sedia snack kemana2 buat jaga2 dsb..

Jadi yg terjadi habis makan mostly itu muntah, jadi 5 bulan pertama kehamilan aku malah turun 3kg. Buat yg mengalami hal serupa, TENANG, ITU NORMAL KOK. Malahan salah satu arti mual itu = anaknya berkembang dengan baik😍 jadi obat buat ibu2 yg lg struggle sama mual2, its means kalian bisa tau kalo si baby berkembang dgn baik didalam❤dan kalo tau itu, yakin deh pasti feel better!

Dulu aku mual banget sama bau2an dan sayur. Apakah kalo mual sayur dan doyan daging pasti anaknya cowok? Kagak juga. Kalo kata org2 ato ahli yg memengaruhi itu hormon sebelum km hamil banyaknya makan apa bukan saat udah hamil. Jadi kena bau nasi mateng, bawang, sayur eneg nya minta ampun.

💡Solusi buat aku saat itu untuk ngurangi mual dengan MAKAN BUAH APEL & PIR (intinya buah yg sifatnya nyegerin lah). Yes, jadi tiap lidah ato mulut mulai kerasa ga enak, pait, mual aku selalu makan 1 buah apel/pir. Sehari mgkn bisa 2/3buah dari awal sampe lahiran😂 tapi itu help me a lot buat mengurangi rasa mual tapi juga anaknya dpt snack sehat juga. Nah, kaya gini ini bs dicoba buat ibu2 yg mual tapi BELUM TENTU BERHASIL ya krn ya itu, hamil itu unik 😆

Nah, pas udah 4 jalan 5 bulan itu getting better sebenernya, trus pas 31 des aku ke taman safari, nah yg salah sebenernya bkn ke sananya, tapi aku capek - ga ngerti capek hamil itu kaya apa - dan aku terusin. 😅

💡Jadi, kalo hamil itu ga boleh TERLALU banyak naik tangga atau kecapekan. Kecapekan nya kaya apa? Cuma ibu2 sendiri yg tau krn tiap kehamilan dan tiap org beda. Sedihnya pas itu aku udah kerasa capek tp ga ngerti kaya apa. Ternyata capek nya itu di perut bawah kaya kram gitu, hrsnya berhenti duduk ato istirahat tp malah aku terusin sampe malem begadang tahun baru 😅 lagi2 KRN AKU MERASA BADANKU GA CAPEK😭 *semoga yg baca tdk mengulangi kesalahan yg sama!*
💡Hamil itu ga boleh banyak jalan/duduk/berdiri. Jadi harus diselang seling.. Ga bisa duduk terus, gabisa jalan terus gitu lah intinya.
💡Minum air putih kudu banyak

Lanjut, krn begadang itu, pagi2 bangun tgl 1 Januari 2017 aku ke toilet dong, tiba2 liat toilet uda full darah 😭 pas itu aku super panik dan nangis sendirian didalem kamar mandi ga ngerti harus gimana, cm mikir kalo sampe anak ini ga ada gimana😭 habis beberapa menit aku galau sendiri, aku bangunin ko wilie. Pas itu kita di tretes abis dr taman safari kan, nginep di villa rame2 bareng temen2, mreka masih pada tidur. Ko wilie aku kasih tau kita berdua cm bisa gemeteran sebadan berdua.

Untung pny suami yg super pengertian dan tenang. Dia cm ngmg yg penting kami e dulu gpp. Jadi saat itu juga kita berdua lgsg ke RS terdekat disana. Tapi krn pas itu jam 6 pagi dan tanggal merah (1jan), 2 RS yg kita datengi pada gda dokter semua. Akhirnya kita lgsg berdua cus dr tretes ke sby hanya dlm wkt 45mnt 🤐 ngebut puarah si kowil. BERUNTUNG kita arah tretes-sby bukan sebaliknya, krn pas itu yg sby-tretes super puadettt.

Di mobil kita ga pake AC tp super kedinginan, cm bisa doa, tegang berdua ga bisa ngmg apa2 cm bisa pegangan tangan berdua. (kalo ingt2 kejadian ini ttp pengen nangis sih😢).
Ditengah2 jalan aku sampe ngmg gini sama kowil "Yank, kalo sampe anak ini gda, kita hepi2 sek berdua ya sampe nonik siap." dan dee paham betul malah ngmg "iya gpp kok, sampe kita bener2 bisa let go ae".

Even saat itu kita ttp berharap anak ini masih bisa survive. Nah, krn udah 5 bulan, biasa kan kerasa nendang2, dan pas pagi itu g nendang sama skali jd kita tkt bangetttt.

Singkat crita sampe UGD Rkz di Sby, dokterku udah ku telp dr kita otw dr trawas pertama, pas turun RS naik ke ranjang RS itu tiba2 Zoe nendang😭😭😭 gilaaaaaa aku seketika nangissssss sangking senengnya!!! Thats mean anak ini masih survive kann, saat itu juga aku lgsg ngmg sama dia "Nak, yg kuat yaa didalem, kita berjuang bareng2". Sambil dicek, dan nunggu kamar bersalin (yes hrs dipindah ke kamar bersalin), kaya hati ini udah bener2 pasrah apa yg bakal terjadi kita berdua siap tp harapan itu lebih besar pas anak ini gerak didalem.

Ga lama dipindah ke ruang bersalin kan, dokter kandunganku cek smua dan dia bilang "Wah, ini ketubannya pecah ini, airnya keluar ini. Saya coba penanganan pake obat *lupanamanya*, kalo ga berhasil, kemungkinan anak ini gabisa lanjut ya Pak,Bu. Even bisa lahir pun kondisinya kasian banget hrs full incubator krn masih 22 weeks". Pas denger itu kita jadi down lagiii, down super down dr sebelumnya😭 tapi ya itu bersyukur hati kita berdua udah pasrah dan bener2 berserah lah next nya bakal gimana. Kita doa bareng pas itu berharap ada mujizat Tuhan.

Amaze nya, dari siang pas habis darah dll dibersihin dan dikasih obat, sampe seminggu setelah aku di RS, GA ADA SATU TETES DARAH ATO SATU TETES AIR KETUBAN LAGI YG KELUAR 😭😭😭 bener2 MUJIZAT yg nyata banget seumur2 terjadi di kehidupan kita berdua.

Kalo dipikir logika kan namanya pengobatan pasti getting better pelan2 kan, tp ini berhenti seketika. Dan jantung tekanan darah baby semua normal sampe seminggu itu gila.

Sebelah persis pas di kamar inap, kejadian hal yg sama tp usia 8 bulan dan hamil kembar, gabisa ditahan anaknya, lahir pas 8 bulan itu. Jadi kita bener2 merasa dapet kesempatan kedua buat jaga bener2 kan :')

💡Jadi orang tua itu dimulai bukan saat anak udah lahir, tapi dari anak itu didalam kandungan❤ itu pesan yg ga bisa terlupakan buat aku sampe sekarang. Peran kita jaga dia, sounding apapun yg positive, ngajak omong, sampe nanti lahir dan kita rawat mereka.
💡Sejak 20 weeks, baby dalam kandungan itu uda bisa denger suara. Sering2 ajak bicara dari A-Z, dengerin lagu (ga harus lagu classic ya kalo buat aku, aku malah suka dengerin lagu rohani, kenalin dia sama Tuhan sedini mungkin), tiap hari dulu selalu ngmg pengen Zoe jadi anak yg nurut, bantu ortu, sayang adik (yes ga peduli bakal anak 2 ato gak tp disounding dulu!), trs anak yg cinta Tuhan dsb lah apapun harapan kalian buat anak itu sounding terus dari dalem perut.

Bonding bisa tercipta dari dalem perut sekalipun. Kasih tau kalo lagi makan, doa, mau pergi, ke grj dsb. Dan juga salah satunya aku selalu sounding buat bantu lahiran normal krn aku tkt banget sama operasi 😂 tiap hari aku sounding!!

Next, keluar dari RS, aku FULL BEDREST DIRUMAH😭 bener2 cuma boleh ke kamar mandi buat pipis dan mandi cm boleh 1 hr sekali itu pun dengan kondisi duduk, sebisa mungkin g boleh berdiri. Gila, itu masa2 terberat secara mamanya KAKI LANCANG😅 bersyukur banget tapi wkt itu, kowilie tiap pagi yg masakin dan nyiapin makanan buat sehari aku makan disamping tempat tidur. Yap, makan pun aku sambil duduk setengah tidur itu lho. Minum dia yg siapin dari pagi ❤ Thankyou sayang! Im so lucky to have you! Udah kerja + ngurusin aku.
Tiap hari kerjaanku cm bangun, makan, liat tv, liat hp terus. Sampe akhirnya bersyukur krn bedrest itu bisa baca banyak soal kehamilan, baca buku2 juga beli online. Jd ga bosen2 banget dirumah.

💡Buat yg hamil sering2 baca yah, penting banget apalagi hamil pertama minim pengetahuan dan pengalaman, baca info2 sangat bantu terutama buat nangani bayi nya nanti pas uda lahir itu penting buanget. Aku sangat tertolong sama @ibupedia_id, tiap hari bacain lah semua post nya dari yg bawah2, aku saved di instagram buat jaga2 kalo nanti anak sakit dsb. Dan ITU BENERAN MEMBANTU. Jadi lebih tenang pas hal2 yg kita baca itu terjadi krn udah pernah tau sebelumnya. Sangat membantu juga buat minimalisasi baby blues menurutku❤ terlebih info2 yg soal parenting ato after anak lahir aku info juga ke suami, jadi bisa sama2 belajar pas nanti anak lahir hrs gimana kerjasamanya.

After bedrest itu, usia kandungan 34 weeks aku baru boleh keluar rumah dan aktivitas seperti biasa. Baru boleh banyak jalan, baru boleh ikut senam hamil dsb. Jadi pas lepas bedrest itu, aku ikut senam hamilnya RKZ. Senam hamil nya beda sama yoga, kalo buat aku pribadi kaya senam2 biasa gitu tp ini gerakannya khusus buat ibu hamil. Agak capek emang gerakannya tapi emang ngefek buat melemaskn otot2 di rahim jadi bikin nanti kontraksi cepet juga❤ ga cuma senam hamil, tiap seminggu 1x-2x aku ngepel merangkak, kaya yg disuruh ortu2 jaman dulu dan emang ngefek sih kalo di aku yah😆

Terus krn udah gatel banget kakinya, aku juga sering jalan2 ke mall yg bener2 banyakkk hahaha sampe tgl 4 mei itu aku pagi uda bercak darah, untung kowil blm brgkt kerja waktu itu, terus mulai kontraksi tapi ga teratur waktunya. Pas siang2 sore gitu kita keluar ke PTC wkt itu😆 cari makan sekaligus jalan. (kata mamaku kalo uda tanda2 lahiran tapi ketuban belum pecah, jalan sebanyak mungkin supaya mempercepat kontraksi) yaudah manut. Jalan deh di mall dari sore sampe jam 7/8 malem gitu. Kalo pas jalan kontraksi, aku pegangan ko wilie sambil nahan gitu😂 trs jalan lagi.

Sampe dirumah, semakin malam, semakin teratur kan, aku tny dokter kapan boleh ke RS, katanya tunggu 5menit sekali dan kamu uda bener2 ga kuat😂 yaudah deh manut sambil kontraksi dirumah.

💡Tas buat ke RS siapin dr 32-34 weeks dan kasih tau suami ato keluarga siapapun lah itu tas RS, jadi sewaktu2 kalo mau lahiran tinggal bawa 1 tas itu doang ga bingung.
💡Normalnya, lahiran itu after 37 weeks genap itu baru dianggep aman bukan prematur. Maksimalnya 40-41weeks tergantung kondisi baby, air ketuban dll.
💡Di senam hamil RKZ wkt itu cukup helpful buat aku krn diajarin tanda2 kontraksi, terus cara ngeden, ambil nafas dsb nya. Pas aku praktekin saat hari H emang SANGAT MEMBANTU sih.
💡Fyi, ngeden itu yg di edenin otot buat kita kalo pee buibu.. Bukan kalo kita pup, bisa bedain gak? Coba dirasain itu beda. Nah kesalahan paling banyak pas ngeden itu PANIK trs salah ngeden. Akhirnya ada kejadian yg pembuluhnya pecah dsb. Trs pas ngeden ga boleh merem juga.
Diinget2 aja yg diedenin kalo kaya kita pee😀

Oke lanjut.. Sampe jam 11 lebih, uda teratur 5 menit sekali dan aku uda mulet2 ga kuat kan, jd lgsg deh meluncur ke RS. Sampe RS aku masuk jam 12, dicek bukaan 1, yaudah nunggu kan sambil merasakan "gelombang cinta", sambil kontraksi itu aku sambil terus makan, kata mamaku supaya ada tenaga buat lahirannya krn kan lama dan capek banget. Eh, jam stg aku muntah kena kontraksi yg sampe ulu ati 😅 kowil korbannya! Jadiiii aku disuru mandi jam 5 pagi itu tapi kok ya bersyukur, aku mandi air hangat dan itu SANGAT MEMBANTU MENGURANGI SAKITNYA KONTRAKSI😍👏 *lgsg mbatin kok g dr td aeeee taune* hahaha habis mandi aku ketiduran krn capek mungkin ya dan relaks abis pake air anget kan, tiba2 jam 5 aku tidur itu bunyi "Des" kaya balon meletus tp ada airnya. Yes ketuban ku pecah, jd tiba2 basah bajuku ga berbau dan ga bisa ditahan (ciri2 air ketuban). Dicek lah langsung udah bukaan brp (fyi, emg cek bukaan itu g sering2 soalnya rasanya dicek itu beneran ga uenakkk bikin mules, untung susternya pengertian). Pas di cek uda bukaan 7!!!

Gilaaa lgsg kaya energi ku full pas itu😂 kayak berasa "semangat!! Dikit lagi!!😍" ga lama tambah sakit ga kaya awal, gilaaa pas uda bukaan 10 itu kaya org mau pup, kebelet banget tp gabisa ditahan kaya ngeden2 sendiri😂
Pas itu dokterku blm dateng, ga lama habis dateng, lgsg deh lahir!!!!!

Senengnyaaaaaaa minta ampun liat merahhh nangisss kerasss normal lengkap kaya lgsg luemes badan sangking lega hepi jadi satu😂 dan langsung capeknya kerasa!!! 😂

Baby nya lgsg dibersihin, kowil ngikutin baby nya, aku dijait dan dibersihin sgala macem. Abis semua selesai, baby nya dibawa ke aku buat IMD (inisiasi menyusu dini) jadi ini penting banget, moment yg paling tepat buat ngenalin baby nya ke puting mamanya dan belajar ngenyot sendiri sekaligus bonding ❤ duh bersyukur Zoe lgsg ngenyot dan emg ASI ku uda kluar dr 7 bulan, jd pas itu lgsg keluar dia minum juga.

Lega hepi lgsg foto2 kita bertiga 😆
Lahir our little miracle,
Zoe Myron Lie
5 Mei 2017 jam 08.09

Arti nama Zoe itu kehidupan, krn dia berhasil survive dr kejadian pendarahan itu sampe lahir ❤ Myron artinya pembawa pesan, jadi anak ini adalah kehidupan yg membawa pesan ke aku dan kowil utk selalu bergantung, berserah sama Tuhan dan berharap anak ini jd kehidupan yg membawa pesan positif buat org2 disekitarnya😘
Kalo Lie cm nama marga aja hehehe

So, buat semua ibu2 yg baca..
Inget aja seberat apapun yg kalian alami saat ini, kalian dipercayakan anak itu berarti KALIAN MAMPU ❤ dan inget, pas aku hampir kehilangan Zoe, rasanya smua pengen tak kasih demi anak ini bertahan. Jadi bersyukurlah kalo sampe kalian ga mengalami hal separah "kehilangan". Bersyukur aku masih dikasih kesempatan bisa lanjut. Tp mual, sakit dll gda apa2nya lah intinya sama senengnya kalian nanti liat anak itu lahir sehat normal tanpa kekurangan apa2 😘 so, semangat yah!! Banyak baca, itu sangat menguatkan lho ❤ cari support dari org2 terdekat..
Dan inget, apapun yg terjadi KAMU YG PALING TAU KONDISIMU, KONDISI ANAKMU NANTI❤ Trust your heart!

Semangatttt❤❤❤
Tunggu cerita kehamilanku yg kedua dengan tantangan yg berbeda yaa😘

Comments