#FenfenwSharing - Anak 2, pake Mbak/Sus gak?


Pertanyaan selanjutnya yang muncul dari beberapa temen disekitar ketika aku hamil anak kedua adalah "rencana pake Mbak/Sus gak?"

Dari awal merit, aku sama kowil udah janjian pengen jaga berdua bareng. Yes, buat yg belum tahu, dari Zoe lahir aku SAMA SEKALI ga dibantuin siapapun ya. Pulang RS ya bener2 aku sama kowil yg jaga, dari anak sampe bersih2 rumah semua berdua. Mamaku 3hr pertama cm ajarin mandi, tapi habis mandiin pulang😂 soalnya aku masih punya adik yang masih SMP! hehehe
Mertua ku juga udah ga kuat kakinya, jadi ga bisa bantuin juga.

Kowilie pun waktu itu cuma cuti 3hari ketambahan sabtu minggu aja jadi 5 hari nemenin. Sisanya? Ya saya sendirian dirumah😀
Jelas ada beberapa hal yang berubah tapi kita sama2 ngerti. Contoh, aku udah ga bisa bawain sarapan karena capek banget kan begadang plus badan belum fit juga. Sapu ngepel jadi tugas kowilie. Aku masukin cucian ke mesin cuci terus kowilie sore yang jemurin. Kalo Zoe tidur baru aku angkat jemuran + lipet + setrika. Nah, kalo masak? Aku minta tolong mamaku masakin beberapa masakan, terus aku frozen, jadi tinggal manas2in aja.

Gak ciakpo? Ciakpo ku makanan bergizi aja ga harus pake ayam arak. Jadi sup ayam obat tiap hari full sebulan ditambah sayur2an dan buah2an yg bergizi, nyeduh angco jadi air putih ganti angco itu aja, mandi air jahe, dulu sebisa mgkn ga keramas jd keramas 2 mgg sekali😂 itu pun lgsg dikeringin pake hairdryer, pake sandal kemana2, kaki ga boleh ditekuk/gantung, full bekung sebulan, dsb...

Jadi, pas hamil anak kedua pun, sampe detik ini ya, aku sama suami masih mau nyoba nanti kaya Zoe dulu, bagi tugas. Apalagi Zoe sekarang udah bisa diajak ngomong dan ngerti, anaknya juga ga neko2, udah bisa makan sendiri tanpa tumpah2 (kecuali kalo kuah sih) jadi aku merasa masih memungkinkan untuk jaga sendiri even kowilie kerja.

Tapi, kita juga ga FANATIK harus jaga berdua sih, kalo dirasa emang sangat ga memungkinkan nanti pas REAL TIME, aku dan suami JAUH lebih prefer Mbak ya.

Why? Krn bagi kita, anak itu sangat penting buat diajarin nilai2, kebiasaan, terlebih pola pikir yg sebisa mungkin sepaham sama kita. Kalo anak sama sus, bagaimanapun juga bukan anaknya, dan pasti banyak nilai2 yg beda juga antara kita dan sus nya nanti. Mau di samain kaya gimanapun itu kaya ga mungkin sih karena kan latar belakang kita as parent dan sus nya juga beda. Belum lagi kalo baca drama dunia per-sus-an😂 masih takut saya! Terus kita berdua juga merasa privacy nya juga berkurang krn pasti kemana2 sus ikut kan. Harus jaga topik pembicaraan dll ga enak sih untuk kita berdua. Tapi once again, ini hanya saat ini ya kita merasa begitu, mungkin emang kita berduanya yg ga siap masihan kalo pake sus😆

Kalo mbak, kan dia lebih banyak ngurusin hal2 yg berhubungan dengan rumah, nyuci, ngepel, masak dsb, even itu ganti2 orang atau ga ada pun juga ga akan berubah sampe gimana. Ada mbak yg warnen juga yg lebih enak sih😜 cm sayangnya sementara ini belum dapet dan emang masih belum butuh sih.

Jadi plan kita, bakal beli playmat yg bisa dibentuk box, jadi kalo siang si dedek bakal ditaruh disana buat mencegah tertindih atau jatuh dari ranjang (dulu Zoe pernah jatuh sedih banget😭 even udah dihati2 emang bakal kecolongan), jadi kalo nanti dedeknya butuh apa atau main atau apa ditaruh sana udah ga bakal kemana2😜

Bersyukur banget nanti si dedek lahirnya akhir Mei / awal Juni kan, deket lebaran jadi suami juga libur kerjaannya bisa jauh lebih bantu untuk penyesuaian lebih cepet.

Kalau ditanya, apa sih rahasianya kok bisa? Ga capek ta?
CAPEK PAKE BANGET😭 tapi saya emg suka ngapa2in semua emang harus sendiri dari dulu jadi udah KEBIASA. Nah, tapi dalam kasus ini juga yang terpenting PARTNERnya yaitu SUAMI!

Suami bantuinnya sampe kaya apa?
Kalo saya sih kebantu banget kowilie mau bantuin masak pun pernah tumis2, cuci piring paling sering, jemurin baju, angkatin baju, kadang kalo saya ga sempet setrika sendiri juga, bikin roti sendiri kalo pagi, kalo sekarang saya hamil ini dia full yang selalu mandiin Zoe, terus mau nemenin makan lah, main lah, hampir semua kecuali 1 (kalo pup) udah itu aja, sisanya dia mau bantuin❤ yes, #IamBlessed!

Tapi saya juga tau diri, kalo pas saya bisa ya saya yang kerjain, intinya saling lihat lah kebutuhan satu sama lain gimana😀 pinter2nya kerjasama aja. Hehehe

Jadi kesimpulannya, kalo suami nya ga mau bantuin, atau gabisa (kadang ada cowok yg memang gabisa dalam hal itu, jangan dipaksa juga ya buk), dua2 kerja, dan hal lain mungkin diluar ini, ya sangat disarankan pake mbak/sus sih😂 DEMI KEWARASAN SATU RUMAH YA BU IBUK!
Ingatlah, Ibu waras = satu rumah juga waras❤

And btw, wish me luck buat nanti anak kedua semoga sanggup jaga berdua ama suami😜

Comments