Cara Mengatasi Bayi Sungsang


#FenfenwpPregnancy - Cara Mengatasi Bayi Sungsang (#30weekspregnancy) 👶


Kapan hari pernah aku share yah kalo si baby dalam keadaan sungsang (posisi kepala diatas, badan dibawah). Jadi kalo memasuki 28 weeks kurang lebih itu seharusnya posisi kepala baby sudah dibawah untuk persiapan dia menuju jalan lahir. Nah, 3 minggu lalu pas cek itu 30 weeks masih posisi sungsang 😭 terus aku disuru dokter ku untuk melakukan beberapa hal yang bisa membantu baby berputar posisi ke posisi yang benar.

Aku tulis semua yang aku tau ya, yang aku tulis ini semua yang aku lakuin sampe kontrol selanjutnya (now #34weekspregnancy).

1. Posisi Sujud / Nungging


Jadi dokterku ga bilang harus brp lama sih utk nungging ini, tp aku searching dan pas kmrn share itu banyak bgt yg kasih tau cara mereka yg udah berhasil.
Tiap pagi dan sore (jadi 1 hari 2x) lakukan gerakan nungging ini 10-15menit.
Kalo secara logika, diharapkan kena gravitasi, jadi badannya kan pasti lebih berat dari kepala baby nya, jadi bisa muter gitu.

2. Ngepel merangkak
Nah, ini yg disarankan dokterku. Setiap hari disuruh ngepel merangkak, krn pasti ada gerakan nungging juga pas ngepel + saat merangkak kan posisi perut menggantung, harapannya babynya punya ruang yg lebih besar buat berputar.
Disuruh nya sehari 30menit... Tapi aku ga sanggup😂 jadi cm seselesainya ngepel rumah + nungging kaya diatas itu.

3. Putar lagu di perut bawah. Sejak 20 weeks, baby kan sudah bisa mendengar, nah kalo kita putar lagu dan didekatkan di perut bawah, bisa menstimulasi baby nya utk mencari sumber suara.

Aku juga coba cara ini, jadi aku puter 2 lagu (sekitar 5-10menit) dengan keadaan HP aku airplane (biar g kena radiasi juga baby nya kasian hehe)

4. Menyalakan cahaya di perut bawah. Ini juga sama kaya lagu, jd baby nya tertarik sama cahaya jd dia bakal cari sumber cahaya itu berasal.

5. Posisi badan menghadap atas, punggung ditahan oleh bantal yg ditumpuk lebih tinggi dari badan dan kepala. Jadi mirip kaya nungging tp ini posisi berlawanan hadap atas gitu.
Aku cobain nya diranjang ya jd kalo jatuh ato apa masih aman😂 tp jujur ini juga salah satu gaya yg saya suka krn punggung sakit ilang smuaaa aslikkkkk enakkk😂 biasanya abis gaya ini, dilanjut nungging 10 menit.

6. Taruh handuk hangat dibawah perut, dan handuk dingin di perut bagian atas. Nah, ini buat mendorong si baby cari yang hangat itu jd kepalanya bisa putar. Tapi aku ga coba cara ini, aku cm sering elus2 dan megang perut bagian bawahku aja supaya si baby nya tau kalo disitu posisi yg bener😀

Jadi kurang lebih kegiatan aku tiap pagi bangun itu nungging 10-15mnt, malem mau tidur nungging lagi. Kalo ngepel masih 2 hari sekali gak kuat sakit pinggangnya😂
Bersyukur banget tadi kontrol ke dokter...
BERHASIL 😭😭😭 gila senangnya minta ampun!!

Tiap hari juga aku ajak omong baby nya buat bantu kepalanya ke bawah..

Tambahan info, kalo uda posisi nya bener GAK BOLEH NUNGGING lagi supaya ga puter lagi babynya. So, ijin senam hamil udah keluar juga dari dokter (kalo sungsang ga bole senam dulu), aku bakal share jg nanti soal senam yah💛
Kesimpulannya memang cuma satu..
Berserah tapi berusaha. Hasil kerja kerasmu ga akan sia2💪 selain juga pertolongan yg atas pastinya.

So, buat yg mengalami hal yg sama, never give up yah!! Aku juga bersyukur banget kmrn banyak yg support dan ajarin caranya krn mrereka udah berhasil (ada 3-4org, THANKYOU SO MUCH! you know who you are!) jadi skrg giliranku share dan support kalian yg mengalami hal serupa ❤❤❤
Never give up, mommies!!💪

#bayisungsang #tipshamil #infokehamilan #pregnancy #maternity #pregnancyproblem #momtobe #pregnantwoman #baby #sungsang #sharing #sharingiscaring

Comments