ENOUGH!

#FenfenwpSharing - "ENOUGH!"

Pernah ga sih kalian merasa stress dalam kondisi tertentu? Atau menyalahkan diri sendiri? Atau justru mengeluh terus menerus?

Aku pernah. Dulu itu selalu merasa kok aku ga bisa gini, ga bisa gitu, ga bisa beli ini, gabisa kesini dan sebagainya. Sering juga merasa "am i loved?" even mungkin banyak orang yang sayang sama aku, atau even ga ada tapi parents dan calon suami pasti sayang. Tapi tetep itu satu hal yg dulu sering aku tanyakan dari org2 disekitarku.

Banyak dari kita udah dapet begitu banyak tanda sayang, atau mungkin kondisi ga seburuk itu, tapi kita merasa hal2 yg diatas. Contoh hal nyata yg aku pernah alamin ya, DULU aku bakal envy kalo pas valday, pada dinner cantik, dpt bunga/coklat, kalo kita g dpt smua itu, apa masih merasa disayang ato engga? "ih aku jg pengen dapet bunga kek, apa kek".

Contoh lain, dulu gabisa kemana2, boro2 mau beli baju, mau makan sehari2 aja ikutan mikir😂 sekarang jauh lebih mending, at least makan sehari2 ga bingung, (paling bingung masak apa😂a #momslife). Nah, kalo dipikir buanyak hal yang bisa kita syukuri kan kaya yang aku pernah share tentang GRATEFUL.

Tapi, kalian merasa gak sih tetep ada something yang kurang? Ada sesuatu yang gimana gitu dihati?
Aku juga merasakan! Kurang lebih kalo digambarkan itu, "aku bersyukur Tuhan bla bla bla", tapi aku masih pengen abcd.. Bener?
(selalu ada ekspektasi atau harapan kita yang pengen banget kalo bisa terpenuhi)

Sampai suatu ketika aku denger sharing yang BAGUS BANGET tentang berkata "CUKUP".

🔰Satu statement yg membuat aku berpikir adalah
"BERSYUKUR berbeda dengan merasa CUKUP"

🔰#FenfenwpQuotes - The key of happiness life is not only a grateful heart, but an "enough" heart.



Jadi bukan berarti BESYUKUR ga penting, NO YA. Sangat penting karena dua hal ini sangat berkaitan. Besyukur dan merasa cukup dua2 HARUS DILATIH (kaya yg pernah aku share di #Grateful).

Tapi hal terbesar yang membuat ENOUGH lebih penting adalah...
🔰KALO KAMU BERSYUKUR BELUM TENTU KAMU MERASA CUKUP, TAPI...
KALO KAMU PUNYA HATI YG MERASA CUKUP = KAMU PASTI BERSYUKUR!❤

🔰Enough = Grateful = Happiest life!❤

Dan ini benar.
Segala ekspektasi itu jadi gak mengontrol hidup kita berlebihan. Jadi kita lebih berharap tapi ga berkespektasi terhadap sesuatu. Harapan itu kan sifatnya ga menuntut, cuma "pingin gini tp kalo ga kepenuhi ya gpp" gapapa beneran dihati woles bukan dongkol ya atau ada envy atau jadi nyinyir kalo liat org😂

Aku ini salah satu orang yang dulu super grumpy, super gampang marah (sekarang jauh lebih mending tapi ttp masih harus berubah banyak), dulu hampir tiap liat story temen2 yang jalan ke luar negeri, beli barang branded aku IRI LOH😂 yes, seburuk itu aku. Tapi ketika aku coba untuk menerapkan hal ini, kaya BIG THINGS HAPPENS IN MY LIFE. Tiap aku iri liat story org aku selalu ngomel sama diriku sendiri loh, buat apa kamu iri, kok aneh seh kamu iri harus e kan kamu seneng liat orang lain seneng, sampe dulu ada satu titik aku nangis loh karena merasa aku cek jahat e dikit2 iri mb orang😭 SEKARANG AKU BISA IKUTAN BENER2 HEPI, malah pengen orang lain hepi, seneng liat orang jalan2 tanpa iri, liat orang pake branded pun biasa aja karena aku jadi jauh lebih kenal diriku setelah aku merasa cukup❤ kaya identitas diriku kembali, ga kepengaruh orang lain, ga kepengaruh trend.

Hal yang luar biasa dari berkata CUKUP memang.
Jauh lebih damai, jauh lebih bahagia, jauh lebih bisa bersyukur terhadap hal2 kecil, jauh lebih positif lah secara ga langsung, ati jadi adem❤🤗
Nyambung sama contoh diatas, kaya valday kemarin ga ada acara apa2 lah, tapi hati ini jauh lebih bahagia, malah bisa bersyukur soal kowilie karena hal2 yg udah ada di dirinya, bukan sesuatu yg dia kasih. Jauh lebih indah sih😍 kaya perhatian2 kecil yang dia kasih, cuciin piring, bantuin jaga Zoe, hal2 yang jauh lebih berarti dibanding sekedar momen makan dan materi. Jadi bisa bersyukur akan hal2 yg jauh lebih berharga dari materi.

CUKUP ini ga cuma soal pasangan aja (kebetulan contoh yang aku pake aja), buanyak banget efeknya.

Merasa CUKUP akan keluargamu? Kondisi fisikmu sekarang mungkin? Kerjaanmu sekarang? Pasanganmu? Rumahmu? Penghasilanmu?

Gak akan pernah ada fisik yang sempurna bagi semua orang, keluarga yang sempurna, kerjaan sempurna, pasangan sempurna dsb. Setiap orang punya idealis sendiri2 yang gak akan pernah sama dan ga akan bisa semua terpenuhi. Dengan kita merasa cukup dengan segala hal yang kita punya, sebenernya kita sedang BERDAMAI dengan musuh terbesar kita yaitu diri kita sendiri.

🔰 Merasa cukup = berdamai dengan diri dan keadaan = belajar let go = hati damai = bahagia!

Why kok aku bilang cukup? Kita kan harus punya mimpi, kalo ga ada mimpi gimana kita bisa mencapai sesuatu yang besar?
Realistis aja, manusia ga usah disuruh akan selalu bermimpi kok, akan selalu berusaha mendapatkan apa yg dia mau, krn pada dasarnya ga pernah puas kan? Dan lebih tepat diganti dengan kata menantang diri, tapi BUKAN berekspektasi.
Seringnya, yang ga bisa kekontrol itu kepuasannya😂 jadi yg perlu dilatih merasa CUKUPnya!

Dengan merasa CUKUP, suami mu, anakmu, keluargamu, fisikmu, kerjaanmu, akan jauh lebih positif, akan jauh kamu pandang lebih baik dan pikiranmu pun jadi lebih positif😊

Stay positif and dont forget to feel enough!❤

Comments