RASANYA MELAHIRKAN SECARA NORMAL

#FenfenwpSharing - Proses Melahirkan Zoe πŸ‘Ά - 39weeks 5days - Spontan Delivery

As requested #AskFenfenwp ada yg pengen tau gmn sih rasanya lahiran, so i want to share my experience πŸ˜†

Misua (baca: suami) udah jadi Papa Siaga dari tgl 1 Mei, (fyi, Zoe lahirnya tgl 5-5-18) udah bawaanya dikit2 telpon pas kerja memastikan anaknya belum mau brojol πŸ˜‚ dari awal tau hamil emg udah pengen Normal, krn TUAKUT luar biasa sama operasi, secara seumur2 ga pernah masuk RS krn sakit / apapun kecuali dulu pas saya brojol hehehe 😝

Dari sebulan sampe mau brojol hamil Zoe tiap hari pasti ngomong kalimat yg sama "Nak, bantu mama lahiran normal ya, mama tuakut bgt operasi. Kalo km uda mau lahir, tunggu ada papa ya, kalo pas papa kerja nanti mama gda yg bantu"

Seminggu sebelum lahiran itu, udah rasanya badan remek pingin tak copot satu2 πŸ˜‚ Tidur terlentang begah, miring begah, tengkurap kagak bisa, punggung sakit mulu, AC uda 16drjt ttp gobyos, kerasa puanas, tiap 10-15mnt pipis jadi g bisa tidur πŸ˜… Sampe tiap hari bilang "Zoe cepetan lahir, mama begah, mama boyoken, dsb πŸ˜‚" tapi apa daya cm bs nunggu kan ya..

Nah, pas 1 mgg sblm lahiran ini, mulai kerasa kadang perut bawah sakit (kalo kata org kontraksi palsu gitu), tiap bangun pagi kaki selalu jarem/ngilu gitu ototnya, nah sesuai info dari suster pas ikut senam hamil, belum masuk tuh tanda2 yg dijelasin, yaudah santai aja.

Tanda2 mau lahiran apa aja?
1. Kontraksi sudah teratue tiap 5 menit sekali, kalo anak kedua tiap 10 menit sekali lgsg cus RS.
2. Kalo pendarahan (spt Menstruasi hari 1 tapi lebih banyak)
3. Air ketuban Pecah, biasanya Bening, ga berbau atau wrnnya keruh (ini lbh urgent)

Jadi kalo uda salah satu tanda itu terjadi, lgsg buru2 ke RS bawa tas perlengkapan persalinan juga (ini aku pernah share ya di (#)FenfenwpPregnancy coba cek 😁)

Tgl 4 Mei pagi2 sblm Ko Wilie brgkt kerja, spt biasa aku ke toilet, eh udah keluar bercak darah tapi krn bukan pendarahan, hny bercak aja jadi emg wajar itu salah satu tanda awal mau kontraksi, wah brti ini kalo g malam ini besok bakal lahiran, lgsg saat itu jg kowilie ijin gak ngantor.

Nungguin dirumah, kerasa sakit kadang 1 jam skali, kadang stg jam skali, kadang 2 jam skali, pokonya super g teratur dan jaraknya masih panjang2 jadi masih nyantai. Sakit nya sejauh itu masih bs ditahan πŸ™ƒ

Nah, sampe siang gitu, bosen dong dirumah, ke PTC deh ngemall. Krn Mama ku pernah bilang kalo udah kontraksi gitu tapi ketuban belum pecah, buat jalan sampe kamu bener2 ga kuat, krn dengan jalan itu otot2 nya jadi lebih cepet lemes, jd kontraksinya nanti bakal lebih cepet bukaan sempurna gitu. Yaudah, jalan muter mall, tiap kontraksi gitu berhenti sambil pegangan kowilie πŸ˜‚ kadang kaki keram berhenti lagi, sampe di mall jalan2 sambil keringetan LOL

Sempet ktmu temen di mall, trus bilang kalo ini lg kontraksi, dibilang "Ediannn sek isa jalan2 πŸ˜‚" apa daya spy cpt bukaanya kan hehehe

Terakhir jam 9 malem kita mutusin pulang, krn uda sama2 capek kan, kalo beneran mau lahiran kan brti hrs bnyk istirahat juga. Sampe rumah, eng ing enggg semakin malam semakin teratur dan semakin sakittttt 🀐

Kata org kalo anak cowok sakitnya perut bawah (kalo kaya dilep mens) sama punggung belakang, DAN BUENER πŸ™„ Untung deh beneran ikut senam hamil, diajarin semuaaaanyaaaa. Diajarin nafas kalo lagi kontraksi biar bisa mengurangi rasa sakitnya. Terus suruh miring ke kiri biar lebih cepet lagi kontraksinya.

Sampe jam 12 malem, aku bener2 udah ga kuat sih, secara seharian udah nahan sakit meskipun yg pagi-malem masih bisa ditahan, yg jam stg 12 udah parah ampunnn.

Meluncurrr deh, kita nyempetin beli MCD takut2 kalo aku laper dan kowil jg.
Diperjalanan tmbh kerasa lbh sakit gr2 kena jalan yg ga rata, polisi tidur dsb.

Finally, sampe RS. Masuk jam 12 malam teng tanggal 5 Mei.
Dipasangin alat pengecek detak jantung anak diperut kita. Zoe dari 6 bulan itu udah lilitan 1, ga lepas dan ga bertambah sampe lahiran. Sama Dokter Obgyn ku suru info ke sus nya kalo ada lilitan, biar dipantau lebih lagi.
Dicek pake tangan ama susternya, ternyata masih bukaan 1, oke tunggu prosesnya.

Selama kontraksi, aku paksain makan, krn Mamaku uda mesenin kalo kontraksi hrs makan supaya kuat πŸ’ͺ, kalo lagi ga kontraksi, lgsg aku makan gitu.
Tiap 5 mnt sekali sakit gitu terus, sampe jam 3 aku kontraksi yg sakitnya sampe ulu hati, dan aku muntah. πŸ€• semua makanan keluar begitu saja. Ko wilie yg jd korban kena semua muntahanku (Gak apa, masih lbh sakitan kontraksi kok yank πŸ˜‹)

Akhirnya, ama susternya disuru mandi pake air anget, ASLIKKKK UENAK BANGET PAS MANDI AIR ANGET!!! Pas kontraksi lagi mandi tuh jd ga sesakit sebelumnya. Sampe mbatin "kok g drtd ae berendem air anget" πŸ˜‚

Habis mandi, kamar bersalinku dah dibersihin jg, balik kekamar. Habis naik ranjang, aku udah agak relaks abis mandi kan, jd ketiduran. Foto yg aku post ini pas aku ketiduran, suami yg motoin πŸ˜‚ aku baru tau foto ini after Zoe 1 thn! ruar biasaa!

Tiba2 pas aku tidur, bunyi "Des" gitu, trus aku kerasa basah semua, pas itu jam 5 pagi, ternyata ketuban ku dah pecah. Lgsg panggil susternya buat dicek, dan ternyata uda bukaan 7 πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ

GILAKK DENGER BUKAAN 7 kaya tenaga tuh keisi ulang πŸ˜‚ "Oke 3 lagi, 3 lagi pasti bisaaaa! Dikit lagi!!" mbatin gitu. Tapiii, semakin SAKIT 😭

Kalo digambarin yah, sakitnya tuh kaya mau BAB tuh lho, tp yg uda super kebelet banget sampe perut suakit kelilit2 dan sakitnya sampe pinggang bagian punggung belakang + perut bawah gitu. Dan sakitnya tiap 5 menit sekali. Bukaan tmbh besar tmbh cepet sakitnya.

Terus gitu sampe jam 8 kurang dikit, dicek udah bukaan 10. Rasanya kaya "Ngeden" sendiri gabisa ditahan, tapi belum boleh Ngeden 😭😭😭 Ga enak, suakitttt, bayangin deh kalian kebelet mau *maaf* Pup trus suruh nahan, ya kayak gitu ga enaknya! Cm lebih sakit dikit lah dibanding itu.
Suru tahan katanya "belum waktu nya, kasian nanti anaknya" udah nahan sebisaku dah.

Sampe g lama dokter dateng, bilang "Saya gunting ya", saat itu wis ga mikir apa yg digunting, bahkan PAS DIGUNTING GAK KERASA SAKIT πŸ˜‚ Gara2 pengen cepet liat anak dan lebih fokus ama sakit kontraksinya! *kalo inget2 geli sendiri jd e* hahaha

Pas itu Ko Wilie lgsg duduk disebelahku, krn dia phobia darah jadi mending duduk drpda pingsan πŸ˜‚ udah gitu para suster juda take over. Bantu dorong perutku kebawah sambil aku disuru posisi "ngeden" yg kayak diajarin di Senam Hamil.

2x ngeden dan brollllllll, denger tangisannya Zoe :') aku sambil liat kebawah liat SEMPURNA itu kaya SUPER DUPER LUEGA! Sambil berkaca2, sambil mau mewek, sambil terharu, campur aduklah kebahagiaanya :') (skrg nulis pun jd mewek lg gueh😒)

Akhirnya Zoe Myron Lie lahir, jam 08.09
Berat 3.0kg, panjng 50cm, sehat tanpa kekurangan suatu apapun! He just perfect ❤

Zoe means Life (krn insiden pas 5 bulan dia hampir aja ga ada),
Myron means Bring a message,
Lie is family name,
Hopefully His life will bring a positive message for the people around.

Pas uda lega, bener2 kaya lgsg Luemesssssssssss, kepala rasa e uda ngglieng2 gmn gitu hahaha tapi excited pengen liat Zoe jd masih bertahan.

Pas itu Zoe lgsg dibawa keluar buat dibersihin, dicek, dipastiin kesehatannya. Kowilie mau nyamperin aku, ga jd lgsg suru ikutin Zoe kan.

Saat itu jg lgsg di cek lubang anus, lubang kelamin, jari lengkap, hidung lubang, mata semua deh pokoknya, habis itu lgsg di imunisasi on the spot Polio + Hepatitis B.

Lucunya pas disuntik, Zoe mukanya memerah doang tapi gak nangisπŸ˜‚ habis suntiknya dilepas merahnya ilang, lucu banget deh bayangin mukanya!

Habis Zoe dibersih2in (selagi aku dijait) yg tny aku jaitan brp aku gatau, dokternya ga ngasi tau dan bagi aku ga penting jg jd aku ga tny. Pas dijait (sangking leganya) aku lgsg post berita kelahiran Zoe! πŸ˜‚ IYA SELEGA ITU! SAMPE GA KERASA DIJAIT (cm kaya digigit semut kok seriusan). Terus aku di seko, ganti baju (scr bajunya gobyos keringet), dsb, baru deh proses IMD berjalan.

Zoe akhirnya dibawa masuk (first time i saw my boy), ditaruh dilengan kiri aku dan lgsg disuru Direct Breastfeeding sbg bentu IMD.
Astagaa rasanya capek lemes kedinginan td ilang lagi :') adem liat dia lgsg nyusu sambil mabok susu gitu.

Ga lama baru aku dipindahin ke kamar biasa, dan totally 24 jam sama Zoe (kecuali jam 5 subuh ama 4 sore diambil susternya ke ruang baby buat di mandiin).

1 hari abis lahiran, ada 1 suster yg nenangin aku banget dan bantu aku banget namanya Suster Esther (i will always remember you!), dia bilang ke aku gini "Kamu ini beruntung lho, anakmu bantuin banget. Kalo dr grafik kontraksi (taunya dr alat yg ditaruh diperut itu), kontraksi yg kamu alamin itu ringan, tp bukaannya cepet". Another God's grace i think 😍

Sakit gak?
Pertanyaan yg paling sering ditanyain ke aku. For me, sakit ya pasti sakit. Cuma toleransi sakit tiap orang itu beda, kontraksi yg dialami pun juga beda tiap anak tiap org beda semua.
Tapi krn aku preferly emg normal, krn mamaku bisa, so aku pun hrs bisa. Dan Tuhan ciptain kita emg buat ngelahirin, jd pasti bisa lahir normal. (but yes, dgn kasus2 tertentu operasi pun ya g mslh, yg penting anak-ibu selamet, paling yg krg selamet kantong bapaknya πŸ€‘) hehe #justkidding

Krn aku tkt bgt operasi, aku lakuin beberapa hal. Mgkn bisa jadi referensi kalian buat yg emg pengen lahiran normal.

Caraku ini TIDAK PASTI BERHASIL. We never know kondisi tiap baby ya, at least we try our best.
1. CARI DOKTER PRO NORMAL!!!
Menurutku ini hal yang PUALING PENTING. Krn banyak bgt yg dikit2 nyuruh operasi dan keluarin statement "Kalau tdk operasi, dan terjadi apa2 kami tdk tanggung ya Bu/Pak" 😐 pdhl kondisi anaknya fine2 aja, sebenernya bs lahiran normal maksutnya.
(tanpa mengurangi rasa hormat para ibu2 yg milih operasi, im not judge, its okay to choose operasi kok, itu hak kalian. Im just share buat yg pengen normal kaya saya aja 😁).

Aku pakai dokter cewek ya, Dr. Maurin Susanna di RKZ. Beliau udah lama praktek, sejak mama saya lahirin adik saya πŸ˜€ personally aku ga suka dokter obgyn cowok krn "risih", and thankfully beliau cewek dan pro normal! Beliau selalu bilang "meskipun lilitan 1, nyungsang, atau apa lah itu tetep bisa lahir normal, HANYA perlu jaga berat badan baby kalo bisa ga lebih dari 3kg didalam perut. Supaya kalo panggulnya kecil atau kelilit atau apa masih ttp bisa lahir.
Beliau selalu bilang "besarin diluar aja, jgn didalem". Jadi saya ga diet, tapi jaga makan. Sebisa mgkn ga nyemil cake atau yg manis2 ya, terutama di trimester 3 (7-9bulan). Gitu.

2. Dari 8,5 bulan ngepel rumah dengan posisi merangkak. Tiap 2hr sekali udah oke banget. Kalo uda terlalu capek jangan dipaksa, lakukan sekuatmu.

3. Ikut senam hamil. Senam hamil itu ada 2 ya, ada yg Yoga biasanya buat 3-7bulan, Senam baru buat 7-9 (hamil tua), modelnya kaya senam aerobik, tp gerakannya utk renggangin otot2 kita terutama otot perut bawah.
Senam di RKZ, kalo dulu jamanku ikut, 100.000 iat 5x pertemuan (1mgg sekali) itu uda cukup. Jam nya jam 8-10pagi. Skrg kayaknya ada perubahan, cek/tny di rkz lgsg aja jg bisa kok.

4. Begitu 36 weeks, saya lgsg jalan2 mall hampir tiap hari, kadang keliling perumahan, pokoknya banyak jalan banget deh. Sebisa mgkn gerak, jongkok2 juga biar anaknya cpt turun.

5. Last, dari 8 bulan minum Kopyor, harganya sekitar 60rb gitu, beli di Hokky supermarket ada, modelnya masih batok kelapa tp ukurannya cenderung kecil, nah ini isi airnya banyak dan lebih berminyak. Katanya minyak dr kopyor ini bisa bikin lebih cepet saat nanti kontraksi. Jadi seminggu biasanya aku beli 1 buah, minum sebuah air plus dagingnya gitu. Ini jg bisa buat menjaga kebersihan air ketuban dan memperbanyak air ketuban 😊

Setelah semua ini kulakukan, salah satu yg paling penting diantara semuanya adalah TEKAD + KESIAPAN HATI ibunya. Dikomunikasikan ke baby nya tiap hari.

Kalo uda tekad, semua dilakukan tp gabisa gmn? Ya gapapa. HARUS SIAP JUGA buat kemungkinan terburuk. Ga usah merasa kecewa. Yg penting tujuan dr persalinannya kan sama, anak selamet ibu selamet. So its fine😊 Apapun caranya ga mengurangi kodrat jadi seorang Ibu kok. You are still a Awesome Mom for your kid.

But at least you try your best! Udah usaha!
Jadi buat kalian yg mau normal, GA USA TAKUT! Ga semenyeramkan itu. Harus percaya sama diri sendiri kalo you can do it! Krn banyak yg udah bs kok, jd km pasti juga bisa πŸ€—
Totally worth, pemulihannya juga cepet yah.
Hari H lahiran uda mandi sendiri, dsb sendiri. 2 mgg jaitan udh kering, sebulan udah menyatu ama daging jaitannya. Dan ga sakit. Sakitnya cm 2-3hr pertama aja 😊

Kalo cerita lahiran kalian gmn?
Atau kira2 kalo nanti merit dan pny anak, kalian rencana ngelahirin normal apa operasi?
Cerita2 bareng di comment yah 😘

Comments