#FenfenwpRelationship - Love VS Respect
Pictures 1: Love vs Respect
Location: Penang, Malaysia

Pas banget, kemarin ada yg req bahas gmn support ke pasangan, dan this topic PAS banget sama hal itu!
Beberapa waktu lalu saya sempet ikut semacam kelas kecil gitu lah judulnya "Understanding Men", padahal biasanya yg kita tau, katanya cowok, cewek lebih susah dimengerti kan ya? 😂

Tapi krn topiknya menarik, ikutlah dan i got something TRUE yg selama ini mgkn banyak dr kita para cewek/pacar/istri ga sadari.

Jadi inti dari kelas itu adalah: Bahasa kasih Pria adalah Hormat. Bahasa kasih Wanita adalah Kasih. Nah, krn bahasa kasih yg berbeda dan banyak orang yg tidak menyadarinya, maka timbulah "cewek/cowok itu susah dimengerti".
Salah satu bedanya ada digambar ini:

Pictures 2: "Love vs Respect" Beda Cowok dan Cewek

Tanpa kita sadari juga, based on bible, Tuhan juga nyuruhnya "Hormatilah Suamimu, dan Kasihilah istrimu" (Ef5:23) bukan kebalikannya, krn pada dasarnya bahasa kasih nya beda dan kalo ga sadar pasangannya bahasa kasihnya apa bisa jadi tidak tersampaikan maksudnya.

Jadi Support yg kita berikan ini berupa RESPECT yg dijabarin nantinya. Ini bahasa kasih yg aku bahas bukan yg 5 bahasa kasih ya. 5 bahasa kasih menurutku didalamnya ini.
Intinya, RESPECT IS ONE OF PRIORITY buat para pria. Kalo mau diceritain lengkap super keren deh soalnya sampe dibahas struktur otak cewek dan cowok itu BEDA loh!! Bahas penelitian juga 😂 makanya banyak bgt hal yg beda yg harus kita sadari dan ga bisa kita rubah dari cowok/cewek.

Hormat? Kalo soal hormat, "aku udah hormat kok sama suami/pacar ku. Aku ga kurang ajar sama dia, baik2 dirumah kok. Gimana sih respect yg dimaksud?"
Jadi hormat nya ini bisa ditunjukkan dari beberapa tindakan kita yg dirangkum sama pembicaranya jadi CHAIR(S) *note= yg S hanya utk yg sdh menikah!*

Urutan ini bukan dari yg tertinggi ya, hanya disingkat spy lbh gmpg inget. Semua poin ini sama pentingnya. Aku lgsg bahas gimana posisi kita sebagai cewek supaya bs respect ya soalnya panjang bgt kalo dijabarin latar belakangnya juga🙈

🕵C = CONQUEST
Desire to work & achieve.
Jadi kita sbg cewek/istri, menghargai jerih payah pasangan kita ga sih? Kalo kasih masukan/kritikan apa sudh dgn bahasa yg tepat? (jangan2 terkesan jadi mengeluh/meremehkan terus.)
Kalo ada peningkatan, apa pernah kita puji atau mgkn sekedar kasih reward kecil (masakin masakan kesukaan? Pijetin mungkin? Atau cm sekedar kasih semangat)
So, SUPPORT apa yg dia tekuni means RESPECT.

Pernah ga kalian ktmu kasus org ini males ato pelit, terus pas jadian ama si A jadi rajin ato ada perkembangannya lah. Ato dulu pcrn sama si A ga punya apa2 trs skrg sama si B jadi lebih sukses misal, krn sometimes penerimaan cowok itu SUPPORT, dan support yg diberikan TEPAT. SUPPORT kita bisa jadi booster yg luar biasa buat pasangan! Kalian yg uda liat how to train your dragon hidden world, tau ga ada bbrp kali yg toothless jd boost banget skillnya? Krn ada ORANG yg TEPAT & CARA yg tepat SUPPORT dia. Bahkan hasilnya bisa bikin kagum.

🕵H = HIERARCHY
Desire to protect & provide.

Kalo ini mgkn bakal bnyk yg beda pendapat ya. But for me, pria itu harus bisa memenuhi kebutuhan kita yg DASAR. (sandang, pangan, papan) and yes standar tiap org beda dan kalo jadi PASANGAN standar ini HARUS DISAMAKAN dulu. Kalo engga bisa berabe. 🙈 yg satu standarnya warung pinggiran, yg satu standarnya resto bintang 5.

Nah, if He do something to protect/provide us, kasih RESPECT with THANKYOU/High attention!

Contoh: kita abis dari rmh tmn yg gede banget bagus sesuai impian kita. Kebanyakan cewek (sblm aku denger ini, aku jg melakukan hal yg sama😂), bakal cerita gini "Yank, rmh e A loh apik, ada abcd ne, bikin kaya gitu yuk" -- HE FEEL HURT & merasa dibandingkan. Merasa ga bisa memenuhi kebutuhannya kita.

But, let we change to this.
"Yank, i dream someday KITA pny rmh yg (dideskripsikan rmh nya A tp jgn bilang kayak itu), lebih besar, lebih bagus ya" - para pria akan fine krn merasa itu mimpi bersama, kita raih (diciptakn to work & achieve).

Intinya sama, tp penyampaiannya beda bakal berdampak beda juga.

Setelah denger hal ini, aku pun menyadari BUANYAK loh hal kecil yg kowil lakukan itu utk protect me tp aku baru sadar kalo itu penting utk aku reward with thanks. Jadi didpn rmhku itu ada jalan yg lubang persis dpn pager, sering bgt aku teledor trs kesandung disana. Dia yg everyday tiap turun mobil ingetin!! Setelah aku dgr ini aku jd lbh merasa disayang juga krn sadar ini salah satu cara cowok kok buat sayang cewek. Dan aku say thankyou! Aku liat mukanya beda banget sih pas aku thankyou!!! Maybe he feel "perhatian kecilku dihargai loh". Contoh lain kaya bukain pintu pas masuk mall dr parkiran, atau bawain barang berat mgkn? kita sering menganggap itu HAL BIASA yg emg seharusnya dilakukan cowok, YAP BETUL. Tp ketika kita bs respect dgn thankyou, yg ngelakuin pun bakal beda dong hatinya. Coba deh posisikan kita yg diposisi itu trs dithankyou sama org yg kita care? Kan seneng 😍

🕵A = AUTHORITY
Desire to serve & lead

Kalo ini tny kan hal2 kecil ke suami. Intinya biar dia yg memberi keputusan. Ini buat aku pribadi tamparan bgt ya😂 krn kebiasaan BELANJA ga ngmg suami tiba2 uda nongol barangnya dirumah! *siapa yg gini juga?* jujur dulu ga mikir sih kalo itu melanggar otoritasnya dia. Krn mikirnya kan "toh nanti jg tau beli apa, kalo ga, seringan ga boleh ama cowok tuh! Jwbnnya "tas mu kan dah banyak, baju kan dah banyak dsb" 😂 tp ternyataaaa ketika aku lakuin ini, IM AMAZED!

Justru banyak hal positif yg aku rasakan.
1. JADI LEBIH MIKIR KALO MAU BELI APA2. Sering bgt kita tuh cewek beli barang yg trend2an aja bkm yg bener2 suka ato butuh! Makanya ujung2nya kalo buka lemari bilangnya gda baju krn yg dibeli kesukaan org banyak bkn kesukaan diri sendiri. Jadi skrg kalo beli aku liatinnnn berhari2 dan tny diri sendiri butuh ga ya, kalo pengen bener pengenku apa gak.
2. Ini yg aku amazed! Justru pas aku ijin, sejauh ini uda 3bulan kali ya aku ngelakuin ini, DIA SELALU IJINKAN! 😭 gila ga sihhhhh.. Mgkn krn yg kita pilih emg dia pikir butuh kok ya gpp. Dan kalo dia ngmg terserah kamu, km yg atur aja aku slalu bilang "I learn to respect you, jd plis kasih pendapat." Pernah 1x dia say no, dan aku g beli. Nyesek!! Tp entah jadi lebih hepi loh bisa bikin suami hepi dgn cara yg slama ini aku gatau! Setelah agak lama, yg dia say no itu, tak liat2 lagi aku g beneran suka. Asikkk kan hahaha hemat, suami senang, kita juga ga menyesal.

Respect disini BIARKAN DIA AMBIL KEPUTUSAN.
even keputusan yg diambil salah (lagi2 ditampar), bahasa yg kita pake kan seringnya "Kan ga percaya, wis tak bilangi dulu blablabla" diganti jadi "Let we choose better decision next time".
Aku yg denger aja jd ikut adem sih kalo cara ngmgnya gitu kan?

Aku bljr buanyak dr this point! Im learning ya.. Sampe detik ini pun masih belajar but yg terpenting got that point dan diperbaiki.

🕵I = INSIGHT
Desire to analyze & counsel

Secara struktur otak, COWOK itu didesign utk menganalisa dan memberi solusi. Sedangkan CEWEK itu kalo cerita pinginnya didengar! (wahai para pria dan wanita, ini penting sih! 😂)

Thats whyyyyy sebel kan kadang kalo crita dikomenin atau dikasih solusi malah kena marah?

Jadi,  solusinya better janjian! Misal kalo ga ditanya "ya apa menurutmu?" ya ga usa kasih solusi. LAGI2 IT WORKS FOR US TOO!!! ❤

🕵R = RELATIONSHIP
Desire shoulder to shoulder friendship

Cowok itu suka melakukan banyak aktivitas bersama. Kaya ditemenin nonton bola, main game, banyak aktivitas sedikit kata2.

Beda banget sama cewek yg social banget. So, aku sndiri belajar sih kalo ada hal yg dia suka aku g ngerti aku temenin aja meskipun ya ga ngapa2in. Bljr dikit2 apa yg dia suka lah intinya.
Lucky me, ketemu ko wilie yg mature banget ya (mature apa tua yank? 😜 @wiliepadmawidjaja). Pas ketemu aku fokusnya udah ga mainan, melekan nonton bola jadi blm effort yg gmn sih, but will see kedepan hobi apa dia aku coba temenin😜

🕵S = SEX (only for married-couple)
Desire for sexual intimacy

And last! This *little* sensitive point tapi penting BUAT YG UDAH NIKAH YAH!

Ga bisa dipungkiri, SALAH SATU (bkn yg utama) indikator pernikahan yg harmonis itu ini. Dr hasil itu sex yg berantakan biasanya akan menimbulkan masalah keluarga.

Kalo dr sisiku sendiri, gabisa dipungkiri kalo udah nikah itu emg kebutuhan para cowok ya ini. Dan hal ini membawa bnyk hal positif jg sebenernya, kadang jd lbh romantis. Kalo kata org ini Refreshing hemat tapi banyak dmpk positifnya hahaha

For me personally, aku ngerasain bangettttt dampaknya dr melakukan poin2 diatas pdhl baru
Nah, last buat para cowoknya..
duikitttt banget yg aku lakuin dan baru 3 bulan!

Kowil ini bahasa kasih nya melayani n quality time, sedangkan aku sentuhan dan gift. Setelah i learn to respect dgn cara diatas, entah kenapa jd sering bgt skrg dipeluk/disayang lah dgn bahasa kasihku.
Sedangkan hal ini uda sering bgt tak sampaikan dr dulu cm trnyata itu tadi, beda cara pendekatan beda hasil ya 🤗

Kalo cowok ke cewek gimana? Sejauh ini blm ada nih yg kelas itu. Tp kesimpulannya ya KASIHILAH. Gampang lah ya, belajar perhatikan detail2 kecil yg kebanyakan cowok emg ga perhatiin. ACT MORE, LESS TALK!

So...
The CONCLUSION is:
👑 Respect is ONE OF PRIORITY for man
👑 Respect itu kaya lingkaran setan! Kamu respect dia, lama2 He want to be the man you need!
👑 Respect start from little things ❤ tapi berdampak ke BIG things!

Semoga kita bs sama2 belajar respect sama couple kita dgn cara yg lebih tepat🙈

Comments