"Don't say some statement you can't predict"

"Don't say some statement you can't predict" - #FenfenwpQuotes

#FenfenwpSharing - Hari ini mau share pengalaman pribadi berharga dari quotes diatas yg aku alami dan masih aku pelajari bareng sama suami sampe hari ini. Aku rasa kalo baca share ku pasti sering deh hampir tiap kita mengalami hal ini. Entah jadi "pelaku" atau jadi "korban".

Oke, diawali dari beberapa thn lalu, pas aku sama kowil masih pacaran. Kita ini sadar kalo bukan anak org berlebih lah secara materi, jadi kita sadar banget kalo semua hal yg kita lakukan bener2 bergantung pada diri kita berdua, gabisa bergantung sama siapapun even itu ortu. We had talk about engage, marriage, dsb. Dan mengambil kesimpulan kalo kita berdua ini maunya yg serba super sederhana lah. Engage cm pama2 doang ga usah acara formal. Merit cm pemberkatan doang digrj. Bener2 we don't care about the party intinya. Krn kita mau siapin masa depan, rumah dsb nya.

Terus semakin mendekati hari, ternyata GABISA LOH! 😅 As you know, engage and marriage is not about two person anymore, but about 2 family. Jadi klo kalian berdua nya setuju tp keluarganya ga setuju bakal gabisa juga. Salah satunya aku tiba2 merit party krn jg salah satu keluarga ga setuju kalo pemberkatan doang di grj.

Dulu kowil pernah say statement pas ditny temen "ntik km tingjing e gmn?" kowil jawab "gausa acara2 lah, kumpul2 kluarga inti tok ae" thennn dijawab "gaisa wil, liaten dewe ta nanti" DAN YG DIBILANG TEMEN NYA ITU BENER😐

Trnyata ttp ada adat2 yg uda diminimalisir sedemikian rupa ttp gabisa dilanggar lagi (dalam arti kalo dilanggar malah jd konflik, dan kita ga pengen itu kejadian lah intinya), jd diadakanlah acara engage kluarga doang gda temen kita satupun yg diundang (even jujur kalo dirayain gitu ya aku pengen ngundang tmn2 dkt, yaudahlah ya, at least kalian yg dkt paham kalo baca ini). Bnr2 kluarga besar yg tetua2 gitu yg diundang abis prosesi ya udah selesai. Eh ini juga, misal ga keundang temen merit, dulu ga paham lho aku alesannya apa, setelah menjalani jd paham kadang beneran bs kelewat even uda nyiapin list dr 1thn sebelumnya dan faktor lain kaya kapasitas tmpt dsb.

Ato pernah ga sih denger "Ih pcrn kok gitu sih, hrsnya kan gini2, biasa aja gausa gitu". Well, dulu aku pernah berpikir gitu juga utk bbrp pasang yg mnurutku over banget cm sebatas mbatin. TAPI, setelah aku pcrn sama kowil, i realize that sometimes kita gabisa tau that feeling pas nemu org yg udah tepat, atau bs jadi krn latar belakang dibalik smua itu, misal lah dr latar blkg yg krg pelukan sedangkan bahasa kasih org itu sentuhan. Jadi pas pcrn nemu org yg bisa memberi itu merasa "Full" tangkinya.

Hal ini pun aku PERNAH jadi korban juga😂 pernah dulu denger lah tmn bilang pas aku pacaran "didpn umum ngapain ndempel2 dipundak, gandengan terus, dsb", yg menurutku masih tergolong normal ya.. Nempel dipundak pun HANYA didpn org yg dkt kalo ga dkt jg kita jaga sikap.
Dan lucu banget, pas yg komen itu pacaran, DIA MELAKUKAN HAL YG SAMA kaya aku, pdhl dulu komen nya gitu kan.

Intinya aku share ini bkn mau menyalahkan atau apa, tp lebih ke renungan pribadi yg skrg ini aku bljr buanyak bgt. Lebih baik TIDAK mengeluarkan statement yg kita gatau kok kalo kita ngalamin itu beneran gimana. We never know the FULL STORY and ga pernah pake "sepatu" dia, so we never know completely. Pasti kita hanya tau sebagian aja. Sedekat apapun kita. Kecuali berani tny langsung ke org yg bersangkutan ya😂

I learn A LOT beneran. Jd sejak menyadari hal itu BERUSAHA bgt MENGURANGI (Yes, aku blm perfect juga, bljr pelan2) dulu lah statement yg ga perlu dikeluarkan krn we cant predict kalo kita diposisi itu kok.

Salah satu hal yg kita lakukan berdua buat mengurangi itu mengganti dgn wish ya, semoga kalo diposisi itu ga gitu, tp ya cukup ke diri sendiri. Yg krg baik dianggap sbg peringatan spy ga gitu, tp ga usa say something negative. Beda sama mengingatkan tmn yg dkt yah. Mengingatkan sama say statement/kaya judge something kan beda.

Terus stay positive. Selalu kalo mau mikir negting bilang "yah kita g pernah tau posisi benerannya gmn", it works. Membuat kita akhirnya pas ktmu mslh sejenis, kita jd bisa jauh lebih toleran. #selfreminder for me too.

Jauhi people or community yg sukanya say negative. INI PENGARUH YG PALING BESAR BUAT KAMI. When we decide itu, pelan2 bnyk hal positive yg bisa kita pikirin terhadap masalah/org lain. So, once again check your CIRCLE.

Kita pun SEDANG DLM PROSES. But let we BE someone yg positive buat sekitar kita. Start from ourself dulu❤ dan pastinya saling mengingatkan juga🤗

Have a great day!

Comments