Perlengkapan Bersalin ke Rumah Sakit


#FenfenwpPregnancy - Perlengkapan Bersalin
Sesuai janji sama beberapa orang this week bakal share perlengkapan apa aja yg BENER2 butuh utk ke RS ya. Ini versi saya lahiran normal di RKZ Surabaya. Mungkin ada RS yg kebijakannya beda misal baju baby harus ttp bawa atau gimana, tp cm itu aja bedanya biasanya.

Saya bilang barang2 yg bener2 dibawa krn biasa kita tuh suka bawa lebih2 kan akhirnya ke RS jd kaya mau pindahan, sedangkan ujungnya ga kepake soalnya rata2 cm 2 hari even operasi.
Kalo misal ada yg kurang pun (misal tembus ato apa, masih bs minta tlg suami juga bawain kok ❤)

Kebutuhannya saya bagi 3, buat mama, baby dan additional bisa bawa bisa ga tergantung masing2 😆

Mama:
🍒SURAT DAFTAR RS + KTP (baca: Perkiraan Biaya Persalinan)
🍒Handuk 2bj (buat bener2 abis lahiran itu pake waslap kan kita dibersihin krn g boleh goyang2 dulu, trs dihandukin pake handuk 1 krn pasti agak kotor kena darah2 jadi better bawa 2, yg kedua buat kalo uda masuk kamar biasa mandi sendiri itu😀)
🍒Baju/Dress/Set ganti yg berkancing 3bj (ini sebenernya butuh 2bj aja, tp pengalaman pas kontraksi zoe dulu sempet muntah baju kena smua jadi harus mandi kan, jd buat jaga2 aja) + 1 agak rapi buat pulang (estimasi 2hr)
🍒Nursing Cover 1bj - ini kudu sih jd kalo ada tamu jg masih bs ngobrol ama kita 😆
🍒Tisue kering + basah (yg tisue basah buat baby sih biar praktis, saya lupa dulu disediain RS apa gak jd bawa aja lah)
🍒Bra Menyusui (2pcs)
🍒CD 3-4bj (buat estimasi 2hr)
🍒Pembalut nifas (beli 1 pack aja, biasanya cm dipake utk 3hari-4hr pertama, sisanya pake pembalut kita biasa yg night, jauh lbh nyaman pakeannya drpda pembalut nifas😆 saya bawa 8bj doang buat 3hari itu, sisanya saya pake pembalut biasa yah yg agak panjang/yg night)
🍒Gurita mama (2-3bj asumsi sehari pake 1)
🍒Breastpad (saya pake merek mama pad yg premium - kotak wrn coklat lebih enak pakeannya drpda yg pink cm bawa 4bj)
🍒Waslap (2bj) ini kepake dulu pas habis lahiran kita blm boleh gerak kalo lahiran normal kurang lebih 4 jam, jd dimandiin suster dulu pake waslap ini😀
🍒Korset (1bj)
🍒Bantal menyusui (ini menurut saya pribadi ya, super membantu buat belajar menyusui yg bener pertama kali. Kalo pake ini, sangat kebantu posisi kita tinggi rendahnya dan kita jg ga capek. Tp hrs pinter2 milih bantal menyusui juga jgn asal beli krn kadang bs kependekan bisa gembos gitu. (kapan2 saya review lengkap gunanya banyak)
🍒sabun shampoo sikat gigi buat mama aja



Anak:
🍒1 set baju pulang utk RS (saya bawa sleepsuit enak ringkes ketutup semua. Saya pake @littlepalmerhaus krn bener2 bahannya nyaman dan tangan kaki bisa ketutup nanti, bawa kain bedong 1, plus bawa selimut topi doang)
(khusus rkz surabaya ya, kalo di RS lain saya krg tau disediain ga sama rs nya. Kalo di rkz, baby selama di RS pake baju dr rmh sakit)
🍒Pampers newborn 1 pack yg isi 28 dibagi di 2 tempat (1 utk kamar baby, 1 utk ditaruh di kamar mama)
🍒Anting bulet jadul (baby cewe) biar bs dipasangin sama RS lgsg pas hari terakhir mau pulang




Additional:
🍒Utk yg pumping pastinya bawa alat pompa, botol baby, botol kaca buat simpen asip, asi bag yg bs tahan
🍒Charger hp
🍒Makeup (kalo yg mau dandan hahaha)
🍒Hairdyer (buat yg ga betah ga keramas)
🍒Kamera (kalo doyan foto😂, kalo hp dah bagus hp aja cukup ga rempong ye)
🍒Acquassimo (why saya bilang additional? Krn sbenernya di RS pasti selalu ada wastafel di kamar pasien ato cairan alkohol)
.
Ohya, tambahan info, kalo udah mulai kerasa kontraksi atau ada tanda2 persalinan, perhiasan semua dilepas ya moms❤ dulu saya kira cm cin2 krn takut ga bisa kelepas, ternyata sampe RS hrs dilepas semua jadi anting, gelang, cincin.
Buat yg masih ngikutin orang dulu ga boleh keramas, aku GA REKOMEN dryshampoo merek B*t*ste ya.. Pengalaman aku pake malah jd luepek banget. Kayaknya better coba bedak baby dulu. For this time kayanya aku ga ngikutin gak keramas krn kasian babynya aja kalo rambut kita kotor. Thats why aku bawa hairdryer supaya ga masuk angin juga.
.
Terus buat lahiran operasi maupun normal, keadaan kuku harus bersih dari kuteks yah. Jadi kalo udah 34 weeks mending udah bersih, kalo ga sampe RS ttp bakal dibersihkan (ribet bok lg kontraksi bingung bersihin kan😂) krn kuku kita berguna banget buat dokter dan suster liat tekanan darah kita. Jd buat keselamatan diri juga ya moms❤

Comments